Rabu 29 Juli 2020, 16:43 WIB

BPP Bonto-Bonto Jadi Model BPP Kostratani Indonesia

mediaindonesia.com | Ekonomi
BPP Bonto-Bonto Jadi Model BPP Kostratani Indonesia

DOK KEMENTAN
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi (kelima dari kanan).

 

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus memperkuat peran Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. Salah satu upaya yang ditempuh adalah mentransformasikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menjadi BPP Model Kostratani. Model BPP Kostratani ini berada di Bonto-Bonto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan jika Kementerian Pertanian akan terus memperkuat peran Kostratani. “Sebab, Kostratani mengimplementasikan program-program Kementerian Pertanian. Kegiatannya langsung bersinggungan dengan petani di lapangan. Di Kostratani ini juga petani bisa mendapatkan informasi atau mendapatkan penyuluhan agar hasil pertaniannya lebih maksimal,” tutur Mentan SYL, Rabu (29/7).

Dukungan juga diberikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi.

Baca Juga: Kementan Perkuat Peran Kostratani Sebagai Pembangunan ...

“Ada interkonektivitas antara Kostratani BPP Bonto-Bonto sebagai pusat data dan informasi langsung di kecamatan dengan Agri War Room di Kementerian Pertanian,” tutur Dedi Nursyamsi.

Dan tidak berhenti di situ, di BPP Kostratani Bonto-Bonto juga terdapat screen house, ada pembibitan, dan 9 komoditas percontohan sebagai tempat belajar petani meningkatkan produktivitasnya.

“Kostratani BPP Bonto-Bonto menjadi tempat konsultasi agribisnis. Di dalamnya penyuluh akan menjalin kemitraan, juga akses pendanaan dan pemasaran untuk petani. Tentunya manfaat dari BPP Kostratani akan luar biasa,” tambah Dedi.

Baca Juga: Mentan Harap KUR dan Kostratani Percepat Pembangunan Pertanian

Menurutnya, BPP di seluruh Sulsel harus segera bertransformasi menjadi BPP Kostratani seperti yang dilakukan di Bonto-Bonto. Sebab, hal ini bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Hal ini semakin diperkuat dengan pernyataan Staf khusus Menteri Pertanian bidang Pengembangan Agribisnis, Lutfi Halide.

“Mentan SYL sudah mencanangkan BPP reborn menjadi kostratani dengan IT. Dan Saya paling berbahagia di tempat ini dapat melihat langsung program utama Mentan SYL. Terbukti dengan adanya Kostratani Model di BPP Bonto-Bonto, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan,” ujar Lutfi Halide. (RO/OL-10)

Baca Juga

Dok. OJK

OJK Pantau Langsung Implementasi Pemulihan Ekonomi di Daerah

👤Media Indonesia 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 05:40 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat restrukturisasi kredit perbankan di Jawa Tengah hingga 22 Juli 2020 mencapai Rp56,64...
Dok. BTN

BTN Gelar Pameran Properti secara Virtual

👤Media Indonesia 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 05:20 WIB
PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk menyiapkan berbagai produk dan program perbankan untuk membantu masyarakat khususnya generasi muda...
Dok. Pribadi

Manfaatkan Masa Pandemi untuk Berinvestasi

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 05:15 WIB
PELUANG berinvestasi di pasar modal tetap besar meskipun di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya