Rabu 29 Juli 2020, 14:19 WIB

Bappenas: Pemerintah Fokuskan 3 Hal untuk Hadapi Pandemi

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bappenas: Pemerintah Fokuskan 3 Hal untuk Hadapi Pandemi

Ilustrasi
Pemulihan ekonomi

 

PERLAMBATAN pertumbuhan ekonomi atau bahkan resesi merupakan hal yang akan dihadapi oleh seluruh negara akibat dampak pandemi covid-19.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Prijambodo mencontohkan pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020 -6,8%, Singapura 12,6% dan Korea 3,2%. Ini menujukkan adanya penurunan yang mendalam terhadap pertumbuhan dan bahwa saat ini risiko second wave juga sudah mulai terlihat di beberapa negara.

"Seperti Australia kini kembali menerapkan lockdown untuk merespon second wave pandemi covid-19. Risiko second wave dan penerapan kembali pembatasan sosial ini tentu akan menyebabkan pemulihan ekonomi berjalan lambat," ungkapnya dalam Webinar Road to Indonesia Development Forum 2021, Rabu (29/7).

Baca juga : Pemerintah Beri Penjaminan Kredit Modal Kerja bagi Korporasi

Atas hal tersebut, Bambang menegaskan bahwa saat ini pemerintah melakukan berbagai langkah untuk menangkal dampak pandemi agar tidak semakin parah. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi fokus pemerintah saat ini menurutnya.

Pertama, adalah memprioritaskan pada masalah kesehatan masyarakat. Kedua, pemerintah membantu sektor ekonomi yang terdampak cukup berat oleh pandemi.

"Sektor-sektor usaha yang dibantu itu baik terdampak ringan maupun sektor terdampak sangat berat oleh pandemi," sambung Bambang.

Ketiga atau terakhir, pemerintah mengambil langkah untuk menggerakkan kembali ekonomi secara bertahap dan tepat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sampai nanti krisis pandemi berakhir. (OL-2)

 

Baca Juga

Angela Weiss / AFP

Wall Street Dibuka Menguat Setelah Trump Perpanjang Bantuan Covid

👤Antara 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 06:22 WIB
Presiden AS Donald Trump menandatangani beberapa perintah eksekutif untuk memperpanjang langkah-langkah bantuan ekonomi covid-19 tertentu....
MI/Dwi Apriani

Pertamina EP Dapat Tambahan Produksi

👤Media Indonesia 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 05:20 WIB
Upaya peningkatan produksi oleh dua unit usaha Pertamina EP, yakni Pertamina EP Asset 2 dan Pertamina EP Asset 3, mendapatkan hasil yang...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Izin Usaha ke BKPM Didominasi Sektor Kesehatan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 05:15 WIB
Berdasarkan catatan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi di BKPM, IOK sektor perdagangan yang biasanya di posisi pertama kini...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya