Rabu 29 Juli 2020, 11:10 WIB

BPP Genteng jadi Rujukan KostraTani Ideal Era 4.0

Usman Afandi | Nusantara
BPP Genteng jadi Rujukan KostraTani Ideal Era 4.0

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Petani kopi didampingi penyuluh pertanian

 

BALAI Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan Genteng kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sudah memenuhi lima peran BPP sebagai KostraTani. Namun satu hal lagi yang perlu dibenahi adalah informasi data. Seluruh kegiatan BPP Kecamatan Genteng belum terdokumentasikan dengan baik. Untuk itu BPP Genteng harus membenahi pusat data dan informasi tersebut.

"Kami harap kedatangan Tim Pusluhtan dari Kementan akan mendorong BPP Genteng menjadi lebih baik menuju model BPP KostraTani," kata Camat Genteng, Firman Sanyoto selaku Ketua KostraTani Genteng, Rabu (29/7).

BPP model KostraTani berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan.

"Pembinaan BPP model KostraTani sesuai arahan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengacu pada instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa BPP di tingkat kecamatan merupakan locust pembangunan pertanian," kata Leli Nuryati pada berbagai pertemuan dengan petani dan penyuluh.

Firman Sanyoto mengatakan seluruh kegiatan BPP Genteng sudah berbasis teknologi informasi (IT) era 4.0 sehingga kerap menjadi percontohan BPP lain di dalam maupun di luar Provinsi Jawa Timur. Untuk meningkatkan peran tersebut, Tim Pusluhtan menggelar pelatihan IT dan manajemen data terkait input data program utama pembangunan pertanian yang ditetapkan Kementan seperti Propaktani, PMS dan Sikomandan serta update data Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) untuk terhubung dengan Agriculture War Room (AWR).

"Dengan adanya pelatihan IT dan manajemen data serta sosialisasi, diharapkan BPP Genteng di Banyuwangi lebih meningkatkan kinerjanya sebagai percontohan model BPP Kostratani di Indonesia," kata Bambang GN.

baca juga: Antisipasi Pupuk Langka, DPKPP Klaten Minta Tambahan Alokasi

Sementara itu dari sisi sarana dan prasarana, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Arief Setyawan menyatakan siap mendukung BPP Genteng.

"Kalau 2020 berupa rumah prosesing susu dan pagar kantor maka pada 2021 akan rehabilitasi BPP dan mengembangkan tanaman hortikultura dari anggaran APBD kabupaten," kata Kabid Sarana dan Prasarana Distan Banyuwangi mewakili Kadistan. (OL-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...
MI/Supardji Rasban

Kekeringan Petani Cabai Brebes Merugi

👤Sipardji Rasban 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:27 WIB
"Sekarang sekali panen cuma dapatnya dalam hitungan kilogram. Ya,paling banyak 10 kilogram sekali panen," ujar Kholidin yang...
MI/ BARY FATHAHILAH

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan Terdampak Covid-19

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:20 WIB
Pedagang pernak-pernik untuk perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang mulai menjamur di jalanan Palu, Sulawesi Tengah, mengaku sepi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya