Rabu 29 Juli 2020, 10:58 WIB

Penyaluran Anggaran PEN Perlu Cara Out of The Box

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Penyaluran Anggaran PEN Perlu Cara Out of The Box

MI/ANDRI WIDIYANTO
Aktivitas di Pasar Kemiri Muka, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/7). Tantangan ekonomi Indonesia ialah menekan kurva pandemi dan resesi ekonomi

 

PENELITI Bidang Politik dan Kebijakan Publik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syafuan Rozi, menilai dalam penyaluran anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah harus menyisir penyebab rendahnya penyerapan anggaran sektor publik dan swasta dan butuh perlu jalan keluar secara kreatif dan out of the box.

"Seperti memanfaatkan teknologi informasi dan fleksibilitas pertangung jawaban anggaran karena Kementerian masih ragu-ragu menggunkaan anggaran tersebut," kata Syafuan saat dihubungi, Rabu (29/7).

Baca juga: Pelaku UMKM Mulai Rasakan Nikmatnya Program PEN

Selain itu, penyerapan anggaran sektor publik seperti social safety net untuk memperkuat PEN terkait dengan fleksibilitas pembayaran pertanggung jawaban keuangan kegiatan harus inovatif dan absah secara keuangan negara, jika tidak akan banyak pembatalan atau penundaan kegiatan.

"Kunci serapan untuk memulihkan PEN adalah virtual visiting dengan informasi teknologi (IT) dan dilegalkannya pembayaran melalui dokumen kwitansi virtual, serta pemesanan barang dan jasa narasumber penelitian/mitra usaha dari jauh didukung jasa pengiriman yang juga perlu difasilitasi perannya," ujar Syafuan.

Penyaluran juga harus dipercepat agar pertumbuhan ekonomi 2020 tidak terkontraksi bahkan terjadi resesi. Pemerintah juga wajib merampingkan prosedur agar penyaluran PEN bisa tersalur ke masyarakat dengan cepat dan sesuai regulasi.

Diketahui, serapan anggaran program PEN masih di bawah 30% dari anggaran yang dikeluarkan pemerintah sebanyak Rp695,20 triliun. Di bidang kesehatan mendapat jatah Rp87,55 triliun baru terealisasi 7%, dari social safety net mendapatkan jatah Rp203,90 triliun baru terealisasi 38%. (OL-6)

Baca Juga

MI?susanto

Ekonomi Tumbuh Negatif, BI Siap Eratkan Sinergi Pulihkan Ekonomi

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 22:34 WIB
Perkembangan ini tidak terlepas dari pengaruh melemahnya ekonomi global sejalan dengan pandemi covid-19 dan menurunnya aktivitas ekonomi...
Antara/Aditya Pradana Putra

Implementasi Lambat, Pemerintah Alihkan Rp238,9 Triliun dana PEN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 21:35 WIB
"Jadi dalam hal ini masih ada Rp238,9 triliun yang belum selesai dokumen anggarannya. Termasuk dalam hal ini DIPA (Daftar Isian...
Dok. Pribadi

Kolaborasi Bantu Dunia Usaha Bertahan di Tengah Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 21:32 WIB
Dia menilai pentingnya kolaborasi dalam bisnis yang memberi manfaat seperti menumbuhkan inovasi, membangun network, memangkas biaya bisnis,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya