Rabu 29 Juli 2020, 10:34 WIB

Hong Kong di Ambang Gelombang Besar Covid-19

Basuki Eka Purnama | Internasional
Hong Kong di Ambang Gelombang Besar Covid-19

AFP/ANTHONY WALLACE
Petugas menyerahkan test kit covid-19 kepada warga di sebuah klinik pemerintah di Distrik Sham Shui Po, Hong Kong.

 

PEMIMPIN otoritas Hong Kong Carrie Lam memperingatkan warganya bahwa wilayah itu berada di ambang gelombang besar wabah covid-19.

"Kita tengah berada di ambang wabah penularan lokal dalam skala besar, yang mungkin mengarah pada robohnya sistem rumah sakit dan biaya hidup, khususnya bagi para lanjut usia," kata Lam melalui sebuah pernyataan, Selasa (28/7) malam.

Lam meminta warga Hong Kong untuk sebisa mungkin tetap berada di dalam rumah selagi aturan pembatasan baru yang ketat mulai berlaku pada Rabu (29/7).

Baca juga: Brasil Laporkan Penambahan 40.816 Kasus Covid-19

Aturan baru itu melarang perkumpulan lebih dari dua orang dan kegiatan makan di restoran tertutup serta mewajibkan penggunaan masker di tempat-tempat umum.

"Untuk melindungi orang-orang yang kita sayangi, para staf layanan kesehatan, dan Hong Kong sendiri, saya meminta Anda sekalian untuk mematuhi aturan pembatasan sosial serta sedapat mungkin diam di rumah saja," kata Lam.

Otoritas Hong Kong juga memperketat aturan mengenai pengujian deteksi covid-19 dan karantina bagi para kru kapal dan pesawat, dengan dimulainya masa berlaku pada hari yang sama.

Sejumlah aturan baru tersebut akan berlaku, setidaknya, hingga tujuh hari. Otoritas kota mengumumkannya, Senin (27/7) lalu, usai terjadi lonjakan kasus infeksi penularan lokal selama tiga pekan terakhir.

Pada 28 Juli, Hong Kong mencatatkan sebanyak 106 kasus covid-19, dengan 98 kasus terjadi secara lokal.

Secara akumulatif, kini sekitar 2.880 orang terinfeksi virus tersebut, dan 23 di antara mereka meninggal dunia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara

Ilmuwan Jepang Beralih ke Ulat Sutera untuk Vaksin Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:55 WIB
Profesor Universitas Kyushu, Takahiro Kusakabe, dan timnya sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin unik menggunakan ulat...
Antara

Rusia Tawarkan Pasok Vaksin Covid-19 ke Filipina

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:45 WIB
Rusia bersedia memasok vaksin virus korona (covid-19) ke Filipina, atau bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk memproduksinya secara...
AFP/YONHAP

Banjir Korsel Akibatkan Puluhan Orang Meninggal, Ribuan Mengungsi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 16:18 WIB
Hujan deras, tanah longsor, dan banjir di Korsel telah menewaskan sedikitnya 30 orang dalam beberapa hari terakhir. Namun, jumlah korban...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya