Rabu 29 Juli 2020, 10:27 WIB

Berkurban Tetap Harus Patuhi Protokol Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Berkurban Tetap Harus Patuhi Protokol Covid-19

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Sejumlah hewan kurban yang akan dijual tampak di lahan Pemakaman Tionghoa, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

 

DI tengah kondisi pandemi covid-19, peringatan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah akan dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Darjamuni menyampaikan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dalam rangka Iduladha tahun ini akan dilakukan dengan protokol kesehatan.

"Selama ini, pelaksanaan kurban hanya mempertimbangkan syariat islam. Namun, tahun ini, kami akan melaksanakannya berdasarkan protokol kesehatan dan itu harus dipatuhi semuanya, baik panitia penyelenggara, orang yang berkurban, maupun para mustahik (orang yang berhak menerima kurban)," terang Darjamuni, Rabu (29/7).

Secara teknis pelaksanaan kurban sesuai protokol covid-19 di antaranya, pemotongan hewan kurban hanya dihadiri panitia kurban yang dibatasi jumlahnya. Masyarakat yang tahun ini membeli hewan kurban diminta tidak hadir langsung di lokasi pemotongan.

Baca juga: Airin Imbau Petugas Pemotong Hewan Kurban Pakai APD

"Hindari kerumunan, baik oleh panitia penyelenggara, orang yang berkurban, maupun para mustahik. Kita percayakan kepada panitia untuk melakukan pemotongan hewan kurban," lanjut Darjamuni.

Bagi panitia kurban, diharuskan dalam kondisi sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memakai masker. Kemudian area pemotongan kurban secara rutin dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan.

Proses distribusi pun tidak dilakukan dengan berkerumun. Melainkan panitia kurban yang bekerja sama dengan RT/RW setempat untuk mengantarkan langsung ke rumah para mustahik.

Masyarakat turut diimbau memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan jual beli hewan kurban. Hal tersebut untuk mengurangi dampak penyebaran covid-19.

"Dengan upaya-upaya tersebut, kami berharap Iduladha tahun ini tetap berjalan dengan baik dan berkahnya tidak berkurang. Meski di tengah pandemi yang semuanya serba dibatasi, semangat masyarakat untuk berbagi dengan cara berkurban, kami harap tidak terbatas," tutup Darjamuni. (OL-1)

Baca Juga

Mi/ LILIEK DHARMAWAN

Layanan Seks Virtual di Grup Line

👤Tri/J-2 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 06:01 WIB
Admin mencari calon anggota grup melalui media sosial. Pun setiap orang yang ingin bergabung ke grup Line harus membayar uang sekitar Rp100...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Ratusan Pelanggar Gage Ditilang

👤Tri/KG/J-2 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 05:54 WIB
Sistem gage diberlakukan di 25 ruas jalan Ibu Kota. Sambodo menjelaskan dari 25 ruas jalan itu, 13 kawasan menerapkan tilang elektronik,...
Antara/Aprillio Akbar

Belasan Kampung Kumuh bakal Ditata

👤Put/J-2 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 05:51 WIB
Pemerintah Provinsi DKI berencana menata 11 rukun warga (RW). Penataan itu menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD)...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya