Rabu 29 Juli 2020, 07:29 WIB

Kasus Stunting di Brebes Tertinggi di Jawa Tengah

Supardji Rasban | Nusantara
Kasus Stunting di Brebes Tertinggi di Jawa Tengah

MI/Supardji Rasban
Para ibu dan balita menghadiri pertemuan dengan anggota DPR RI Dewi Arayani di Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Selasa (28/7/2020)

 

KASUS gagal tumbuh atau stunting dan gizi buruk di Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, Jawa Tengah memprihatinkan karena jumlahnya cukup tinggi. Kabupaten Brebes, termasuk tertinggi di Jawa Tengah. Bahkan masuk dalam 10 besar di Indonesia. Kasus stunting dan gizi buruk ini diungkapkan anggota DPR dari Daerah Pemilihan IX Jawa Tengah yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten/ Kota Brebes dan Tegal, Dewi Arayani dalam pertemuan dengan sejumlah ibu yang memiliki balita di Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Selasa (28/7).

Dewi mengungkapkan di Kabupaten Brebes kasus stunting jumlahnya lebih dari 16 ribu anak, bahkan ada satu desa yang jumlah kasus stuntingnya mencapai 70 anak.
     
"Saya terus terang saja penasaran, dan nanti akan mendatangi desa di Kabupaten Brebes yang jumlah stuntingnya mencapai 70 anak itu," ujar Dewi.
     
Ia ingin mengetahui sebenarnya apa yang terjadi di desa tersebut sehingga angka gizi buruk di desa itu cukup tinggi. Termasuk anak yang baru lahir pun langsung mengalami stunting. 

Dewi menuturkan, dalam pertemuannya dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beberapa hari lalu, sudah melaporkan dan sepakat akan segera menangani masalah kematian kasus stunting, gizi burut termasuk kematian ibu dan anak.
     
"Tidak hanya di Kabupaten Brebes tapi juga di Kabupaten Tegal dan Kota Tegal," terangnya.

baca juga: Penanganan Stunting di Tengah Pandemi Perlu Modifikasi Kebijakan
     
Menurutnya dalam waktu dekat ia akan konsolidasi bantuan dan program apa yang bisa diberikan untuk Kabupaten Brebs, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal untuk menanggulangi gizi buruk pada anak-anak. Dalam upaya menaggulangi kasus stunting dan gizi buruk serta kematian ibu dan anak tersebut tidak akan bisa maksimal tanpa adanya dukungan dan peran serta para kepala daerah. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

18 Pasien Covid-19 di Mentawai Sembuh

👤Yose Hendra 🕔Selasa 22 September 2020, 18:50 WIB
Pasien Covid-19 di Mentawai sudah sembuh 18 orang. Mereka sebelumnya dirawat di rumah sakit 5 orang, di Mapaddegat 6 orang, di Sikakap 3...
dok polres tulungagung

Traffic Attitude Record, Inovasi Terbaru dari Polres Tulungagung

👤RO/Micom 🕔Selasa 22 September 2020, 18:49 WIB
Program TAR sengaja didesain untuk memaksa masyarakat patuh dan  tertib berlalu...
Antara

Pemkab OKI akan Gencarkan Sosialisasi Kartu Tani

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 22 September 2020, 18:35 WIB
Kartu tani ini juga sebagai alat untuk memaksimalkan program pemerintah dalam penyaluran pupuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya