Rabu 29 Juli 2020, 07:23 WIB

Swasta Sumbang Ventilator Untuk Tekan Covid-19 di Maluku Utara

Hijrah Ibrahim | Nusantara
Swasta  Sumbang Ventilator Untuk Tekan Covid-19 di Maluku Utara

MI/Hijrah Ibrahim
Harita Nickle diwakili Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald Herminus menyerahkan bantuan 6 ventilator kepada Pemprov Maluku Utara.

 

KASUS positif covid-19 di Provinsi Maluku Utara terus bertambah. Dari laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut hingga Selasa (28/7) jumlah kasus positif covid-19 mencapai 1.493 orang dan yang sembuh sebanyak 317 orang, meninggal 47 orang. Untuk mempercepat angka kesembuhan dan menangani pasien positif covid-19 secara intensif, salah satunya dengan menambah alat kesehatan seperti alat bantuan pernapasan (ventilator).

Perusahaan pertambangan nikel Trimegah Bangun Persada ikut mendukung upaya penanggulangan covid-19 di Maluku Utara dengan memberikan bantuan 6 unit ventilator kepada Pemprov Maluku Utara. Penyerahan bantuan 6 ventilator dilakikan oleh Direktur Utama Trimegah Bangun Persada, Donald Hemanus mewakili Harita Nickel kepada Pemprov Maluku Utara yang diterima oleh Sekda Malut, Syamsudin Abdulkadir di Media Center Covid-19, Hotel Sahid Bela, Selasa (28/7).

"Ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kontribusi Harita Nickel dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Malut. Melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Malut, kami menyadari bahwa penanggulangan Covid-19 membutuhkan sinergi semua pihak, bukan hanya pemerintah. Semoga proses penyembuhan pasien Covid-19 semakin optimal dengan penambahan ventilator ini," kata Donald.

Sekertaris Gugus sekaligus Sekertaris Daerah Provinsi Malut, Syamsuddin Abdulkadir mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Harita Nickel. Menurutnya, saat ini penting bagi semua pihak untuk bersinergi dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Malut. Pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan bidang penanganan Covid-19 Malut agar bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Kami ucapkan terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan. Sebelumnya telah ada bantuan ventilator dari Harita sebanyak 5 set di Kabupaten Halmahera Selatan. Hari ini, diberikan pula 6 ventilator ke Pemprov Malut," kata Syamsudin.

baca juga: Kalsel Gulirkan Jurus Pamungkas

Enam unit ventilator dari Harita Nickel adalah tipe Yuwell YH 725 Bi-level yang mudah dioperasikan dan dipindahkan. Pemilihan tipe tersebut bertujuan agar tenaga medis dapat memobilisasi unit ini kapan pun dan di mana pun sesuai kebutuhan. Sebelumnya, perusahaan telah mendistribusikan 5 unit ventilator kepada Pemkab Halmahera Selatan di Labuha.

Selain itu Harita juga telah memberikan alat pelindung diri (APD) berupa kacamata, pakaian Hazmat, alat rapid test, tisu antiseptik, alat pengukur suhu tubuh, cairan pembersih tangan dan masker. Harita juga menyewa sebuah hotel di Labuha sebagai tempat karantina pasien dalam pemantauan tim medis. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Dua Tahun Hasil Tes CPNS di Papua Barat Belum Keluar

👤Martinus Solo 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 08:22 WIB
Masalah kuota 80% orang asli Papua harus terpenuhi dalam hasil CPNS 2018 menjadi persoalan hingga kini. Akibatnya hasil tes CPNS 2018 belum...
MI/Susanto

210 Aset Pemerintah Kota Sorong Bermasalah

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 07:46 WIB
Beberapa aset bermasalah merupakan rumah dan kendaraan yang masih dikuasai aparatur sipil negara (ASN) yang sudah dipindahtugaskan dari...
Dok Pribadi

Pemko Banjarbaru Kibarkan Bendera Setengah Tiang

👤Denny Susanto 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 07:32 WIB
Untuk penghormatan wafatnya Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, pemerintah kota setempat mengeluarkan surat edaran pengibarann bendera...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya