Selasa 28 Juli 2020, 22:30 WIB

Uhamka Kembangkan Edu-Ekowisata di Cianjur

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Uhamka Kembangkan Edu-Ekowisata di Cianjur

Dok. Pribadi
Pelatihan pengembangan Ekowisata di Dusun Tabrik

 

DUSUN Tabrik Desa Gekbrong merupakan salah satu desa penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang berada di Cianjur, Jawa Barat. Pada saat ini, Dusun Tabrik mempunyai potensi yang dapat berkembang menjadi agrowisata dan penelitian keanekaragaman spesies..

Hal tersebut dikemukakan. Agus Pambudi Dharma. Dosen Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr, Hamka (Uhamka Agus Pambudi Dhama) saat memberikan pelatihan Pengembangan Edu-ekowisata bagi Pramuwisata ke masyarakat setempat.

Menurut Agus, dusun Tabrik dapat menjadi Laboratorium Lapangan Pendidikan Biologi Uhamka untuk menambah pengetahuan para mahasiswa dalam bidang penelitian keanekaragaman spesies.

Baca juga : Gajah Betina Sebatang Kara Dievakuasi dari Rokan Hilir

Agus menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan kolaborasi berbagai pihak yakni Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka , Desa Gekbrong, dan Seksi PTN Wilayah II, Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Balai Besar TNGGP.

Kepala Seksi PTN Wilayah II Bidang PTN Wilayah I Cianjur Balai Besar TNGGP Johanes Wiharisno menyambut positif partisipasi kalangan kampus seperti Uhamka dalam upaya berkontribusi mengembangkan wisata alam tersebut.

“Keberadaan dan kehadiran mahasiswa dan dosen dari Pendidikan Biologi Uhamka tidak saja memberi warna pada pengembangan wisata namun mampu memperkaya wawasan, pola pikir atau mindset masyarakat menjawab persoalan, kendala, dan tantangan yang dihadapi, dan tentunya terhadap konservasi keanekaragaman hayati. “kata Johanes. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

BP2MI Deklarasi Setia Terhadap Pancasila dan UUD 1945

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:31 WIB
ASN harus memiliki nilai-nilai dasar di antaranya kewajiban untuk memegang teguh ideologi Pancasila, setia, dan mempertahankan UUD...
Dok: Web KLHK

Kayu Geronggang, Bahan Baku Potensial dari Lahan Gambut

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:20 WIB
Nilai sifat fisik pulp geronggang yang meliputi indeks tarik, retak dan sobek sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku pulp kayu...
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Keluarga Empat Nakes yang Gugur Tangani Covid-19 Dapat Santunan

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:13 WIB
Adapun dana santunan yang diberikan kepada para ahli waris sebesar Rp300 juta. Selain santunan, tenaga kesehatan yang gugur juga menerima...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya