Selasa 28 Juli 2020, 21:17 WIB

Perlindungan Anak di Masa Pandemi Perlu Ditingkatkan

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Perlindungan Anak di Masa Pandemi Perlu Ditingkatkan

Ilustrasi
Ilustrasi perlindungan pada anak

 

PANDEMI Covid-19 diharapkan menjadi momentum meningkatkan kepedulian seluruh elemen bangsa terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Pita Putih Indonesia Giwo Rubianto dalam webinar bertema Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anak pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19.

“Anak merupakan aset bangsa, dan benih harapan untuk masa depan, karena itu penting untuk dibina dan diberikan perlindungan serta diperhatikan kesehatannya.Menjaga mereka dari ancaman dan penyakit bukanlah pekerjaan yang mudah, para stakeholder, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama, saling bahu membahu untuk menjalankan pekerjaan tersebut," kata Ketua Giwo.

Giwo mengungkapkan, berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) per 20 Juli 2020 tercatat sebanyak 2.712 anak terkonfirmasi positif Covid-19 dan 51 anak meninggal. Sebanyak 70 persen kasus anak yang meninggal berada pada rentang usia kurang dari 6 tahun.

Baca juga : Era New Normal, Brand Fesyen Muslimah Berkampanye Lawan Korona

Ia mengakui ,menjaga anak dari ancaman dan penyakit bukanlah pekerjaan mudah, karena itu pemangku kepentingan, pemerintah dan masyarakat mesti bersama-sama saling berkolaborasi.

"PPI menjalankan visinya melalui pendekatan agar semua perempuan dan anak perempuan menyadari atas hak-haknya dalam kesehatan yang berkualitas," tandas Giwo yang juga ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani) itu.

Dalam kesempatan sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA) Bintang Puspayoga mengingatkan, isu anak di tengah pandemi bukan saja soal pengasuhan terkait belajar dari rumah dan belajar jarak jauh juga kesehatan fisik dan mental anak, Bintang mengingatkan kalangan anak juga rentan terdampak wabah ini

Menurut Bintang pada peringatan Hari Anak Nasional 2020, Kementerian PPPA telah menghimpun harapan anak Indonesia yang tertuang dalam 12 poin Suara Anak Indonesia. Diantaranya , tentang pentingnya meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak melalui penyebaran informasi protokol kesehatan, percepatan akses air bersih secara menyeluruh dan menjaga kebersihan lingkungan. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/ADWIT B PRAMONO

Menerobos Blank Spot dengan BTS Mobile dan 5 Ribu Tablet

👤MI 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 06:11 WIB
Sudah saatnya dunia pendidikan tinggi terintegrasi dengan dunia industri (usaha) dalam menghasilkan karya-karya inovasi yang bermanfaat...
ANTARA/MAULANA SURYA

Kampus Merdeka Menuju Pendidikan Tinggi Berkualitas

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 05:58 WIB
Jika pendidikan tinggi memberikan hasil pendidikan kualitas dunia, lulusannya ialah SDM yang unggul dan kompetitif dan bermanfaat bagi...
MI/DWI APRIANI

Penyesuaian SKB 4 Menteri Tetap Prioritaskan Kesehatan dan Kesela

👤Dro/S2-25 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 05:41 WIB
Selain wajib menggunakan masker, para siswa juga harus ikuti protokol kesehatan selama berada di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya