Selasa 28 Juli 2020, 01:08 WIB

Balai Besar KSDA Riau Pindahkan Gajah Liar Dari Rokan Hilir

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Balai Besar KSDA Riau Pindahkan Gajah Liar Dari Rokan Hilir

MI/Rudi Kurniawansyah
Petugas menyiram air ke gajah liar yang dipindahkan dari Rokan Hilir, Riau

 

SEEKOR gajah sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) betina yang memiliki bobot lebih dari 4 ton dan diperkirakan berumur 50 tahun dievakuasi dari Desa Melayu Besar, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, kemarin. Gajah tersebut diketahui bertahan hidup sendiri selama bertahun-tahun di kawasan hidup gajah di Rokan Hilir.

"Hasil survei yang dilakukan Balai Besar KSDA Riau bersama mitra pada 2018 menunjukan bahwa masih seekor gajah di wilayah yang menjadi kantong gajah di Rokan Hilir. Gajah inilah yang kami evakuasi," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono di Pekanbaru, Senin (27/7).

Suharyono menjelaskan, pihaknya bersama Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Wildlife Conservation Indonesia, kepolisian dan masyarakat melakukan survei dan evakuasi terhadap gajah tunggal tersebut. Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan keselamatan individu, peluang untuk berkembang biak, dan menghentikan konflik yang terjadi dengan manusia  atau sesuai Dokumen Rencana Tindakan Mendesak Penyelamatan Gajah Sumatra tahun 2020-2023.

"Selanjutnya dilakukan evakuasi di Desa Melayu Besar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir," ujarnya.

Suharyono mengatakan, gajah tersebut  berhasil dievakuasi pada Minggu (26/7) sekitar pukul 03.00 WIB. "Selanjutnya gajah tunggal tersebut dibawa ke PLG (Pusat Latihan Gajah) Sebanga untuk pemeriksaan medis dan pemantauan perilaku," jelasnya.

Suharyono mengungkapkan, kegiatan pelepasliaran langsung setelah evakuasi tidak dimungkinkan karena perilaku gajah yang agak jinak. "Dikhawatirkan tidak dapat eksis lagi di alam dan menimbulkan konflik baru dengan manusia," tukasnya. (R-1)

Baca Juga

Istimewa

Warga Bantaran Sungai Waspadai Banjir

👤Hijrah Ibrahim 🕔Kamis 26 November 2020, 08:38 WIB
BPBD Kota Ternnate mengeluarkan peringatan bagi warga yang bermukim di bantaran sungai untuk mewaspadai musim hujan dan...
MI/Djoko Sardjono

Pengungsi Merapi masih Bertahan

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 08:28 WIB
Sebanyak 375 pengungsi erupsi Gunung Merapi masih bertahan barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang,...
MI/Supardji Rasban

Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Hasil tracking pejabat di lingkungan Pemkab Brebes terkonfirmasi positif covid-19 usai tour Bromo-Malang, bertambah dari 10 orang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya