Minggu 26 Juli 2020, 08:41 WIB

Puluhan PTS di DIY Gelar Model Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama

Agus Utantoro | Nusantara
Puluhan PTS di DIY Gelar Model Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama

MI/Agus Utantoro
Ketua Aptisi Wilayah V Yogakarta, Prof Fathul Wahid

 

MEMUDAHKAN calon mahasiswa baru mendaftar perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta, puluhan perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (Aptisi) Wilayah V Yogyakarta menggelar model penerimaan mahasiswa baru bersama. Kalangan perguruan tinggi di DIY ini bersama-sama mengusung slogan Ayo Kuliah di Jogja, dengan menawarkan kemudahan-kemudahan.

Ketua Aptisi Wilayah V Yogakarta, Prof Fathul Wahid menjelaskan calon mahasiswa yang ingin mendaftar cukup dengan membuka www.jogjaversitas.id dan kemudian mengisi form yang ada.

"Dengan demikian, calon mahasiswa dari mana pun tidak perlu datang ke Yogya untuk mendaftar. Pendaftaran bisa dilakukan di tempat masing-masing dan tidak dikenai biaya," ujar Fathul Wahid, Sabtu (25/7).

Hal semacam ini, imbuhnya juga menjadi kemudahan dan sekaligus menjawab kekhawatiran orang tua calon mahasiswa maupun calon mahasiswa itu sendiri terhadap pandemi covid-19. Dikatakan, jogjaversitas.id akan menjadi program penerimaan mahasiswa baru yang berbasis website yang terkoordinasi dengan puluhan perguruan tinggi di DIY, baik universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, maupun akademi komunitas.

Fathul Wahid mengungkapkan calon mahasiswa yang mendaftar melalui jogjaversitas.id, cukup mengisikan nilai rapor masing-masing. Melalui isian itu, lanjutnya, akan diseleksi  dengan melihat passing grade dari program studi yang dituju. 

"Jika tidak lolos di program studi yang dituju, akan muncul rekomendasi untuk kuliah di mana," kata Fathul.

Mahasiswa yang memenuhi syarat untuk masuk prodi yang dituju akan dinyatakan diterima secara bersyarat. 

"Salanjutnya akan digunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran di perguruan tinggi yang dituju. Maksimal tujuh hari setelah dinyatakan lulus bersyarat, calon mahasiswa harus sudah melakukan proses selanjutnya di perguruan tinggi yang dimaksud," tambahnya.

baca juga: Siswa SMA dan SMK di Kota Kupang Harus Punya Smartphone Android 

Ia mengungkapkan, saat ini tercatat 45 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan 81 prodi. Fathul Wahid mengungkapkan, perguruan tinggi bisa saja mengikutkan seluruh program studinya atau hanya sebagian saja di model jogjaversitas.id ini. Kepala LLDikti (Lembaga Layananan Pendidikan Tinggi) Wilayah V Yogyakarta Prof. Didi Achjari mengatakan, model ini yang pertama di Indonesia. (OL-3)


 

Baca Juga

Dok. Pemprov DKI Jakarta

Positif Covid-10 Magetan Tembus Melebihi 600 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:25 WIB
Jumlah warga Kabupaten Magetan terkonfirmasi positif Covid-19 menembus angka 600 orang lebih setelah ada tambahan tiga pasien baru pada...
Ant

Wisawatan Tiongkok Bakal Serbu Bali Tahun 2021

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 24 November 2020, 23:20 WIB
KESIAPAN standar protokol kesehatan ini mampu diterapkan oleh seluruh masyarakat Bali, maka Bali siap seutuhnya untuk menyambut kembali...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Puluhan Batu Nisan Makam Kuno Di Aceh Raib

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 24 November 2020, 22:55 WIB
PULUHAN batu nisan makam kuno di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, raib. Batu nisan tersebut merupakan peninggalan sejarah peradaban masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya