Sabtu 25 Juli 2020, 18:19 WIB

Luhut: Pemulihan Sektor Pariwisata Butuh Waktu 10 Bulan

Hilda Julaika | Ekonomi
Luhut: Pemulihan Sektor Pariwisata Butuh Waktu 10 Bulan

Antara/Nyoman Hendra
Petugas memberikan cairan antiseptik kepada wisawatan di Tabanan, Bali.

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut pemulihan sektor pariwisata membutuhkan waktu sekitar 10 bulan.

Meski pandemi covid-19 belum mereda, namun sektor pariwisata sudah kembali dibuka secara bertahap. Pemerintah memastikan pembukaan sektor pariwisata dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Krisis pada sektor pariwisata yang diakibatkan pandemi dan instabilitas politik membutuhkan waktu pemulihan rata-rata 10 bulan,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (25/7).

Lebih lanjut, dia mengingatkan pentingnya melakukan antisipasi dan evaluasi terhadap pembukan sektor pariwisata. Evaluasi juga harus dilakukan dengan cermat untuk menekan potensi kesalahan. Mengingat, pembukaan sektor pariwisata dibayangi risiko penularan covid-19.

Baca juga: Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Enam Strategi

“Sekarang sudah mulai dibuka secara bertahap. Kita harus hati-hati terus. Kita harus antisipasi dan evaluasi dengan cermat. Sehingga memperkecil kesalahan,” pungkas Luhut.

Pemerintah dikatakannya tengah mendorong pera wisatawan domestik yang diyakini menjadi penggerak ekonomi di tengah pandemi. Di lain sisi, untuk menggenjot wisatawan asing dibutuhkan penerbangan langsung (direct flight) dari negara asal ke destinasi wisata di Indonesia.

“Kalau dari luar negeri pengennya yang direct flight. Misalnya langsung ke Bali atau ke Yogyakarta,” tutupnya.(OL-11)


Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi

Pemerintah Tanggung Bea Masuk Impor Industri Terdampak Pandemi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 29 September 2020, 22:45 WIB
PMK tersebut diterbitkan sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penerimaan negara, serta menjaga stabilitas...
AFP/Tauseef Mustafa

Pemerintah Buka Peluang Terapkan Rapid Test Antigen

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 29 September 2020, 20:46 WIB
"Kami baru saja mendapat kabar dari World health Organization (WHO) bahwa rapid tes antigen bisa menunjukkan hasil tes dalam waktu...
Antara/Adwit B Pramono

Besok Hingga 2 Pekan Ke depan, Tol Manado-Danowudu Gratis

👤Insi nantika Jelita 🕔Selasa 29 September 2020, 20:39 WIB
"Sosialisasi dua minggu ini sekaligus untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat. Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya