Rabu 22 Juli 2020, 12:13 WIB

Menag: Patuhi Protokol Kesehatan Salat Idul Adha dan Kurban

Ihfa Firdausya | Humaniora
Menag: Patuhi Protokol Kesehatan Salat Idul Adha dan Kurban

MI/SUSANTO
Menteri Agama Fachrul Razi

 

MENTERI Agama Fachrul Razi mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. Hal ini menyesuaikan dengan tatanan kebiasaan baru mengingat Hari Raya Idul Adha tahun ini masih dalam situasi pandemi covid-19.

"Kami imbau untuk pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan kenormalan baru atau New Normal," kata Menag di Jakarta, Rabu (22/7).

Baca juga: Inilah Rekam Jejak Sinovac Biotech Produsen Vaksin Covid-19

Sebelumnya, Kementerian Agama telah mengeluarkan dua surat edaran yang dapat dijadikan pedoman masyarakat dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. 

Pertama adalah SE Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H /2020 M Menuju Masyarakat Produktif Dan Aman Covid-19. Kedua adalah Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 31 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Penyembelihan Hewan Dan Kehalalan Daging Kurban Dalam Situasi Covid-19.

Dengan mematuhi dua surat edaran tersebut, Menag berharap masyarakat dapat melaksanakan salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban dengan baik sekaligus terjaga dari risiko penularan covid-19.

Kemarin malam, pemerintah melalui Sidang Isbat menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Adha kali ini akan dilalui masyarakat di tengah pandemi covid-19.

"Akhirnya selaku Menteri Agama dan mewakili pemerintah, saya menyampaikan Selamat Idul Adha.1441H. Taqabalallahu minna wa minkum. Taqabbal yaa karim," ucap Menag.

Baca juga: Mendulang Rupiah dari Sampah Plastik

Menag berharap Idul Adha kali ini mampu meningkatkan kualitas ketaqwaan dalam beragama dan mampu mengorbankan ego untuk tetap sabar menghadapi musibah wabah virus korona.

"Semoga Allah SWT memberkahi kita semua, dan semoga Allah SWT segera mengangkat musibah Covid-19 ini dari bumi Indonesia, dan kita dapat segera kembali menata kehidupan yang lebih baik," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

DOK: KPI

Digitalisasi Penyiaran Tunaikan Informasi dan Pendidikan

👤S1-25 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 04:28 WIB
KPI menyambut baik rencana analog switch off (ASO) pada 2022, sebagai sebuah transformasi teknologi siaran yang akan memberi banyak manfaat...
AFP

Miley Cyrus Mengaku Pernah Melihat UFO

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:15 WIB
MUSIKUS asal Amerika Serikat, Miley Cyrus, barubaru ini membagikan pengalamannya yang tak...
Instagram @TIARAANDINI

Tiara Andini Masuk Nominasi Peraih AMI Awards

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:50 WIB
SATU hal yang tak disangka-sangka oleh Tiara Andini, 19, masuk sebagai salah satu nomine di AMI Awards...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya