Selasa 21 Juli 2020, 18:40 WIB

Cegah Penyebaran Korona, RIB Gelar Rapid Test Massal di Jaksel

Ant | Megapolitan
Cegah Penyebaran Korona, RIB Gelar Rapid Test Massal di Jaksel

Antara
Sandiaga Uno

 

RELAWAN Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 kembali menggelar rapid test massal di Gedung Rumah Sandiuno Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa,(21/7). 

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno mengatakan, tes massal ini digelar guna membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan virus korona.

"Tes ini untuk mengurangi beban biaya hidup masyarakat. Seperti kita lihat, banyak sekali masyarakat yang hadir untuk di tes dari wilayah lain seperti dari Jakarta Utara, dari Karawang," kata Sandiaga.

Sandi memastikan pihaknya akan berada di tengah-tengah membantu masyarakat sekaligus mengurangi beban mereka.

"Tes ini untuk mengurangi beban biaya hidup masyarakat. Seperti kita lihat, banyak sekali masyarakat yang hadir dari wilayah lain seperti dari Jakarta Utara, dan Karawang," tandasnya 

Menurut dia, rapid test massal diiringi swab test dengan metode PCR test ini tujuannya untuk membantu masyarakat yang dalam kondisi sulit keuangannya. Sebab, rapid test kini menjadi salah satu syarat untuk beraktivitas kembali di tengah pandemi covid-19.

"Karena biaya rapid test menjadi beban masyarakat, apalagi mereka diharuskan proses screening untuk masuk institusi pendidikan atau dalam pekerjaan untuk mengikuti rapid test," ujarnya.

Sandi kembali mengingatkan masyarakat betapa pentingnya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan korona. 

"Sangat tidak bertanggung jawab kalau tidak memakai masker. Berdasarkan data yang kita dapatkan, dari tim kesehatan bahwa penggunaan masker wajib. Maka harus kita gaungkan," imbuhnya 

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengapresiasi rapid test massal tersebut 

"Saya melihat ratusan orang dengan antusias yang tinggi, dan mendapatkan pelayanan yang baik dari tim medis Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19," kata Marullah.

Di samping itu, Marullah menyebut saat ini kondisi Jakarta Selatan belum aman sehingga perlu upaya bersama untuk keluar dari wabah covid-19. Oleh karena itu, masyarakat wajib memakai masker karena hal ini penting untuk cegah virus tersebut.

"Hari ini saya tidak melihat orang tidak memakai masker. Kalau boleh saya katakan, seratus persen pakai masker orang di sini. Jangan ditinggalkan masker," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, RIB menyediakan sekitar 700 rapid kit. Selain itu, dua unit mobile laboratorium untuk tes PCR atau swab test juga disediakan bersama dua unit mobile ambulans. 

Mobile lab ini diperuntukkan bagi masyarakat yang menunjukkan hasil reaktif dari hasil rapid test. Kemampuan mobile lab ini bisa melakukan uji sampel sebanyak 300 per harinya dan bisa diketahui hasilnya selama kurang lebih 5-7 jam.

Sasaran dari pelaksanaan rapid test di lokasi ini untuk masyarakat umum. Melalui rapid test massal ini diharapkan masyarakat mengetahui kesehatan masing-masing yang tujuannya untuk mencegah penyebaran covid-19. (OL-8).

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Butuh Political Will Pemprov DKI Tegakkan Sanksi Penolak Tes Swab

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 24 November 2020, 13:51 WIB
Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menilai perlu ada political will yang kuat dari Pemprov DKI dalam menegakan aturan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Wagub: Pembelajaran Tatap Muka Bertahap, Dari Jenjang Tertinggi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 24 November 2020, 13:33 WIB
Menurutnya, jenjang-jenjang yang lebih rendah nantinya akan secara bertahap dibuka setelah ada keputusan yang lebih...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Wagub DKI Klaim Pencopotan Spanduk FPI Kerja Sama Pemprov dan TNI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 24 November 2020, 11:59 WIB
Karena saat pandemi, Satpol PP DKI Jakarta memilki beban kerja ganda selain menegakkan aturan ketertiban umum juga harus menegakkan aturan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya