Jumat 17 Juli 2020, 14:19 WIB

Vatikan Minta Para Uskup Laporkan Kasus Pelecehan Seksual

Faustinus Nua | Internasional
Vatikan Minta Para Uskup Laporkan Kasus Pelecehan Seksual

AFP/Vincenzo Pinto
Paus Fransiskus menyampaikan pesan kepada umat yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

 

VATIKAN mengeluarkan pedoman baru untuk para uskup dan pejabat senior gereja terkait klaim pelecehan seksual terhadap anak.

Hal itu sekaligus mengklarifikasi aturan untuk mengatasi skandal puluhan tahun yang mengganggu tubuh gereja. Dengan begitu, kasus pelecehan seksual bisa segera ditangani penegak hukum.

Pedoman itu mencakup rincian dugaan kejahatan terhadap anak di bawah umur. Memang tidak termasuk undang-undang baru, namun dibuat setelah Paus Fransiskus menyerukan prosedur yang akan disusun.

Baca juga: Paus Fransiskus Sahkan Aturan Baru Antikorupsi di Vatikan

Uskup dan pejabat senior harus melaporkan klaim kasus kepada otoritas. Sekalipun jika tidak ada kewajiban dari negara yang bersangkutan. Gereja mengutamakan perlindungan korban dewasa maupun di bawah umur.

Sebelumnya, pedoman resmi meminta uskup untuk mengikuti hukum setempat tentang pelaporan klaim terhadap penegak hukum. Kritikus gereja sudah lama mendesak para uskup untuk mengeluarkan perintah khusus.

"Pembahasan ini semakin kuat dari retorika Vatikan yang biasa. Ini hanya petunjuk, tidak menjadi beban di bawah hukum gereja," ujar Anne Doyle, co-direktur situs pelacakan penyalahgunaan Akuntabilitas Keuskupan.

Baca juga: Pelecehan di Gereja Terkuak, Paus Mohon Pengampunan Tuhan

"Jika Paus Fransiskus serius untuk melawan pelecehan seksual anak, dia harus memerintahkan setiap pejabat gereja untuk melaporkan tuduhan kepada otoritas sipil," pungkasnya.

Klaim pelecehan seksual yang dilakukan imam gereja sudah menjadi penyakit dalam tubuh gereja. Pada beberapa kasus, imam melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Sayangnya, tidak ada aturan yang tegas terkait tindakan itu.(AFP/OL-11)

 

Baca Juga

NOEL CELIS / AFP

Presiden Tiongkok Xi Jinping Sampaikan Selamat Kepada Biden

👤Mediaidonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:10 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping  menyuarakan harapan kepada Joe Biden dapat mendorong perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan...
Arun SANKAR / AFP

Badai Nivar Hantam India

👤Siswantini Suryandari 🕔Kamis 26 November 2020, 07:48 WIB
Badai Nivar menghantam pantai selatan India, Kamis (26/11) pago menyebabkan pohon tumbang, rumah rusak, banjir dan ribuan orang...
AFP/Odd ANDERSEN

Jerman Perpanjang Pembatasan Covid-19 Hingga Awal Januari

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Penutupan restoran, bar, fasilitas olahraga, dan tempat budaya di negara ekonomi terbesar di Eropa itu akan terus berlanjut, meskipun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya