Kamis 16 Juli 2020, 22:01 WIB

Polres Tulungagung Rilis Mobil dan Motor Pintar Keliling Kampung

RO/Micom | Nusantara
Polres Tulungagung Rilis Mobil dan Motor Pintar Keliling Kampung

Dok polres tulungagung
Peresmian program Mobil dan Motor Pintar Keliling Polres Tulungagung.

 

Polres Tulungagung Rilis Mobil dan Motor Pintar Keliling Kampung

POLRES Tulungagung merilis Mobil dan Motor Pintar Anak Tangguh Semeru di tengah pandemi covid-19, Kamis (16/7). 

Launching program untuk mendukung pendidikan anak sekolah itu juga dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Sekda Kabupaten Tulungagung Sukaji, Kasdim 0807 Tulungagung Mayor Inf Muji Wahono, Wakapolres Tulungagung Komisaris Yhogi Hadisetiawan, Kepala Kantor BRI Cabang Tulungagung Arief Wibowo, dan sejumlah kepala OPD Tulungagung. 

Program Mobil dan Motor Pintar Anak Tangguh tersebut berisi buku-buku pelajaran dan buku paket untuk anak-anak sekolah. Moda transportasi menyerupai perpustakaan keliling itu dikendarai oleh personel Dikmas Lantas dan Bhabinkamtibmas Polres Tulungagung.

“Operator mobil dan motor pintar itu setiap hari berkeliling Kampung Tangguh guna memeratakan layanan informasi dan baca kepada masyarakat, khususnya bagi anak anak. Juga membantu perpustakaan dalam memperkenalkan bаhan bacaan dan pustaka lainnya kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan minat baca dengan mengembangkan cinta buku kepada anak,” kata Kapolres Tulungagung AKB Eva Guna Pandia.

Menurut Pandia, kini saatnya semua pihak memfasilitasi anak-anak agar mudah mendapatkan buku bacaan dengan cara mendatangi anak-anak dari kampung ke kampung. “Bukan mereka (anak-anak) yang datang ke perpustakaan,” katanya. 

Apalagi pada masa pandemi covid-19, menurut dia, anak-anak memiliki banyak waktu luang. Meskipun ada tugas sekolah yang diberikan guru, tetapi tidak dapat digunakan secara maksimal untuk belajar mandiri.

“Demi keselamatan bersama, berada di rumah adalah langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus korona, di samping senantiasa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat,” ujarnya.

Pandia memaparkan, salah satu terobosan yang dilakukan pemeri̇ntah bersama kepolisian daerah adalah membuat Kawasan Anak Tangguh Semeru. Program ini bertujuan memutus mata rantai penyebaran covid-19, terutama di kalangan anak-anak. 

“Dalam Kawasan Anak Tangguh ini, anak-anak diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah virus korona,” katanya.

Selain Itu,  Kawasan Anak Tangguh juga mengedukasi anak-anak tentang peraturan lalu lintas melalui kegiatan polisi sahabat anak dengan boneka semeru. 

Pandia mengungkapkan, program yang digagas Polres Tulungagung tersebut sejalan dengan program prioritas pemerintah pada tahun 2020, yakni mempersiapkan kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia yang baik menuju Indonesia Emas 2045.

“Melalui program ini, kita berharap dapat membentuk generasi cerdas yang komperhensif, yaitu produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, serta berperadaban unggul,” paparnya.

“Selain diaplikasikan di Kampung Tangguh Semeru, program ini juga akan menjangkau wilayah pegunungan. Sehingga, anak-anak di daerah terpencil dapat menikmati Mobil dan Motor Pintar untuk menambah wawasan serta pengetahuan mereka,” ujarnya.

Menurut Pandia, pesatnya perkembangan teknologi memengaruhi minat baca masyarakat. Sebab, kata dia, masyarakat, termasuk kalangan anak-anak, lebih sibuk bermain gadget ketimbang membaca buku. “Padahal, kita ketahui bersama bahwa buku salah satu sumber ilmu,” katanya. 

Dia mengungkapkan, kegiatan membaca buku merupakan cara untuk membuka jendela agar masyarakat dapat mengetahui tentang dunia yang belum diketahui sebelumnya. “Apalagi bagi anak- anak, untuk meningkatkan wawasan tak cukup hanya mengandalkan materi pelajaran di sekolah, karena ilmu pengetahuan sifatnya dinamis dan sangat luas,” tuturnya. (J-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

Cara Gibran Menyapa Warga

👤WIDJAJADI 🕔Senin 28 September 2020, 05:20 WIB
“GIBRAN datang, Gibran datang.” Teriakan sejumlah warga itu menggema di lingkungan Kampung Dawung Kulon, Kecamatan Serengan,...
BMKG/Tim Riset MI-NRC

Hujan Deras Berpotensi Terjadi Tiga Hari Ini

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 28 September 2020, 05:16 WIB
BMKG mengingatkan seluruh masyarakat untuk terus waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrem dan dampak yang...
Ilustrasi

Sejumlah Pegawai Bank di Sorong, Positif Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Minggu 27 September 2020, 22:55 WIB
Sejumlah pegawai perbankan di Sorong positifCovid19 berdasarkan  hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya