Kamis 16 Juli 2020, 18:18 WIB

Diputuskan dalam Beberapa Pekan, AS Evaluasi TikTok dan We Chat

Antara | Internasional
Diputuskan dalam Beberapa Pekan, AS Evaluasi TikTok dan We Chat

AFP/LIONEL BONAVENTURE
TikTok

 

Pemerintah presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang mempelajari risiko keamanan nasional dari sejumlah aplikasi media sosial, termasuk TikTok dan WeChat, dan keputusannya akan diambil dalam beberapa pekan mendatang.

"Ada sejumlah pejabat administrasi yang melihat risiko keamanan nasional terkait dengan TikTok, WeChat dan aplikasi lain yang memiliki potensi paparan keamanan nasional, khususnya yang terkait dengan pengumpulan informasi tentang warga negara Amerika," kata Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, dikutip dari Reuters, Kamis (16/7).

"Saya tidak tahu bahwa ada tenggat waktu yang ditentukan dalam mengambil keputusan, namun saya dapat mengatakan bahwa kami memperkirakan dalam beberapa pekan, bukan bulan," dia menambahkan.

Komentar itu muncul ketika TikTok, aplikasi berbagi video pendek milik ByteDance, semakin berada di ujung tanduk pemerintah Trump ketika hubungan AS-Tiongkok memburuk akibat pandemi virus korona dan langkah Beijing mengekang kebebasan di Hong Kong.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa Amerika Serikat "mempertimbangkan" larangan penggunaan aplikasi media sosial asal Tiongkok, termasuk TikTok, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pemerintah AS dilaporkan sedang mengevaluasi layanan media sosial, seperti TikTok, berdasarkan Undang-Undang Kekuatan Ekonomi Darurat Internasional yang memberikan presiden wewenang untuk mengatur perdagangan dalam menanggapi keadaan darurat nasional yang mengancam Amerika Serikat.

Pemerintah AS mulai memperhatikan perusahaan media sosial, setelah anggota parlemen meminta penyelidikan atas kekhawatiran bahwa perusahaan seharusnya bisa menyensor konten yang sensitif secara politik dan dianggap gagal menyimpan data pribadi pengguna dengan aman.

Pada November lalu, komite AS yang meninjau implikasi keamanan nasional dari investasi asing, CFIUS, telah meluncurkan tinjauan keamanan nasional atas akuisisi yang dilakukan Bytedance terhadap aplikasi media sosial AS Musical.ly senilai US$1 miliar.

Meadows hanya menjelaskan sedikit tentang mekanisme yang sedang dipertimbangkan untuk menanggapi setiap ancaman yang ditimbulkan oleh TikTok, namun dia menekankan bahwa hasil tinjauan CFIUS mungkin dapat menjadi pertimbangan. (OL-12)

 

Baca Juga

AFP/OLIVIER DOULIERY

Trump Bersikeras Membatalkan Kesepakatan Bisnis TikTok

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 September 2020, 18:36 WIB
Presiden Trump menegaskan akan "menghapusnya" jika tidak sesuai dengan...
Ilustrasi

CDC AS Perbarui Pedoman Penularan Covid-19 di Udara

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 22 September 2020, 15:39 WIB
CDC saat ini memperbarui rekomendasi mengenai penularan SARS-CoV-2 melalui udara (virus yang menyebabkan covid-19). Setelah proses ini...
AFP

Kematian Akibat Covid-19 di AS Mendekati 200.000 Kasus

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Selasa 22 September 2020, 15:36 WIB
Lebih dari 70% kematian di AS terjadi di antara orang-orang yang berusia di atas 65...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya