Kamis 16 Juli 2020, 09:02 WIB

Satu Helikopter Dioperasikan di Kalteng Untuk Karhutla

Surya Sriyanti | Nusantara
Satu Helikopter Dioperasikan di Kalteng Untuk Karhutla

DOK Humas Pemprov Kalteng
Helikopter waterboobing jenis Kamov asal Kanada tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (15/7/2020)

 

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akhirnya menempatkan satu unit helikopter untuk  bantu pemadaman jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalteng. Helikopter waterboobing jenis Kamov asal Kanada dengan jumlah kru sebanyak 5 orang  itu telah mendarat di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Rabu  sore (15/7).

"Helikopter ini  merupakan permintaan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku Komandan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kalteng kepada BNPB,"  kata  Darliansjah Wakil Komandan Satgas, Rabu (15/7) di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Menurut dia, permintaan yang diajukan oleh  Gubernur  Kalteng beberapa  waktu lalu itu  untuk mengantisipasi dan mencegah karhutla yang terjadi di Kalteng.

"Heli WB ini akan digunakan untuk mengantisipasi dan penanggulangan Karhutla di Kalteng terutama pada lokasi kejadian kebakaran yang tidak dapat dijangkau pemadamannya oleh satgas darat," jelasnya

Helikopter tersebut selain dapat melakukan patroli titik panas juga melakukan upaya pemadaman.

"Gubernur minta agar dalam operasi Water Bombing tetap selalu memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan juga efektivitas," ucapnya.

baca juga: Kalsel Siaga Karhutla

Dari pantauan BMKG Palangka Raya saat ini masih terjadi hujan di sejumlah daerah terutama di sore hari hingga malam. Sejumlah lahan gambut, terutama di area Jalan Trans Kalimantan belum ada yang terbakar. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/Akhmad Safuan

Bupati Pemalang dan Dua Pejabat Sembuh dari Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 00:53 WIB
Junaedi melanjutkan dirinya sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Ia mengaku segar bugar seperti pada saat dirawat di rumah sakit karena...
DOK MI

Diduga Stres, Pasien Positif Covid-19 Bunuh Diri

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 00:38 WIB
MH melakukan bunuh diri dengan cara melompat dari jendela tempat dirinya dirawat di lantai 12 sebuah rumah sakit di kota Medan, Sumatera...
DOK MI

Istri dan Anak Plt Wali Kota Medan Negatif Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 00:23 WIB
Dua pejabat Pemkot Medan lainnya, yaitu Kepala Dinas Tenaga Kerja Hannalore Simanjuntak dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Muhammad...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya