Kamis 16 Juli 2020, 07:18 WIB

Cegah Penyebaran, 1 Persen Dari Total Warga Aceh Harus Swab Test

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Cegah Penyebaran, 1 Persen Dari Total Warga Aceh Harus Swab Test

CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP
Petugas kesehatan melakukan swab test covid-19 di Banda Aceh, 23 Juni 2020

 

REKTOR Universitas Syiah Kuala Aceh, Samsul Rizal meminta agar dilakukan uji swab massal untuk warga di Provinsi Aceh. Pernyataan itu terkait dengan penambaha 21 kaaus positif covid-19 dalam sehari pada Rabu (15/7). Jumlah penambahan kasus menurutnya sangat besar. Pada 14 Juli 2020 kasus positif covid-19 di Aceh sebanyak 107 orang, dan sehari kemudian ada penambahan 21 kasus positif menjadi 128 kasus.

"Supaya kasus covid-19 ini tidak menyebar harus segera diturunkan petugas medis untuk mengambil sampel lendir swab. Terutama bagi orang yang sering bepergian ke luar daerah dan keluar masuk Aceh," kata Samsul Rizal kepada mediaindonesia.com, Rabu (15/7).

Dia menberikan gambaran paling tidak kurang satu persen dari jumlah pendudiuk Aceh sebanyak 5,3 juta harus menjalani swab test melalui laboratorium kesehatan standar covid-19. Tes swab itu bukan saja di Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh, tapi juga harus menyeluruh ke 23 kabupaten/kota di wilayah berjulukan Serambi Mekkah tersebut. 

baca juga: 120 Tenaga Kesehatan di Jepara Terinfeksi

"Paling kurang satu persen dari 5,3 juta penduduk Aceh harus dilakukan tes swab atau pemeriksaan lendir hidung dan lendir mulut. Kami sesuai fasilitas yang ada seperti laboratorium PCR Unsyiah siap membantu pemeriksaan " tambah Samsul Rizal.

Samsul Rizal meminta msyarakat jangan khawatir berlebihan. Menurutnya yang penting tetap waspada, selalu menjaga kebersihan dan hidup sesuai protokol kesehatan. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Kejar Target 10 Ribu Swab Test

👤 Benny Bastiandy 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:50 WIB
Pemkab Cianjur akan meminta bantuan pengadaan alat tes usap ke Pemprov Jabar. Alat tes usap diperlukan untuk memenuhi target jumlah...
DOK MI

Pelayanan RSUD Cibabat Cimahi Kembali Dibuka

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:30 WIB
RSUD CIbabat Cimahi sempat ditutup selama tiga hari pascabelasan pegawai terkonfirmasi positif virus korona...
DOK MI

Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:16 WIB
Deklarasi damai belasan perguruan silat dilakukan untuk menjadi situasi di Sidoarjo akan tetap kondusof jelang digelarnya pemilihana kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya