Kamis 16 Juli 2020, 05:11 WIB

Sodium Dapat Mengatur Ritme Sirkadian

Van/Sci-News/X-7 | Sela
Sodium Dapat Mengatur Ritme Sirkadian

DUTA
Ilustrasi

SEBUAH studi terbaru yang diterbitkan jurnal Natur menunjukkan hasil uji coba menyuntikkan larutan garam berkonsentrasi tinggi (hipertonik) dapat meningkatkan kadar sodium dalam darah. Itu lalu mengarah pada aktivasi neuron terkait dengan nukleus suprachiasmatic atau ritme sirkadian utama otak.

Ritme sirkadian ialah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun dan diulangi rata-rata 24 jam. Ritme ini menyesuaikan sel dan organ tubuh kita dengan kebutuhan yang berubah-ubah pada waktu berbeda dalam sehari.

Menurut Prof Charles Bourque, peneliti di Lembaga Penelitian di McGill University Health Center, gangguan ritme sirkadian yang berkepanjangan karena jetlag atau kerja sif dapat menyebabkan efek kesehatan buruk. “Temuan itu masih membutuhkan studi lebih lanjut sebelum diuji coba pada manusia,” ujarnya. (Van/Sci-News/X-7)

Baca Juga

Duta

Pasien Kanker Positif Covid-19 Boleh Kemoterapi

👤Hym/BBC/X-7 🕔Senin 10 Agustus 2020, 03:49 WIB
dr David Pinato, mengatakan kemoterapi dan imunoterapi tampaknya tidak meningkatkan risiko kematian akibat...
Duta

Lembah Mars Terbentuk oleh Gletser

👤Dailysabah/Hym/X-8 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 03:35 WIB
Para peneliti menemukan kesamaan antara beberapa lembah Mars dan saluran subglasial Pulau Devon di kutub utara Kanada yang dijuluki...
Duta

Bumi Mendingin Pascaletusan Gunung

👤Van/Sciencenews/X-7 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 04:30 WIB
Setelah gunung berapi meletus, penyebaran aerosol global memantulkan radiasi Matahari. Hal itu menyebabkan pendinginan global pascaletusan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya