Kamis 16 Juli 2020, 02:14 WIB

Musim Depan, Liga-liga Dunia akan Terapkan Lima Pergantian

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Musim Depan, Liga-liga Dunia akan Terapkan Lima Pergantian

AFP
Ilustrasi Bundesliga

 

INTERNATIONAL Football Association Board (IFAB) atau badan yang mengatur aturan dalam sepak bola mengumumkan akan tetap menerapkan lima pergantian pemain pada musim depan.

Para direktur IFAB sepakat menerapkan pergantian lima pemain yang mencakup kompetisi liga hingga 31 Juli 2021. Sedangkan untuk kompetisi internasional dijadwalkan hingga Juli atau Agustus di tahun yang sama.

"Berdasarkan respons dari pemangku kepentingan dan analisis dampak covid-19 pada kalender kompetisi, Dewan Direksi IFAB telah menyetujui untuk memperpanjang opsi lima pergantian dalam kompetisi yang dijadwalkan akan selesai pada 31 Juli 2021 dan internasional dijadwalkan pada bulan Juli atau Agustus 2021," tulis IFAB dalam pernyataannya.

IFAB mengatakan keputusan melanjutkan lima pergantian mempertimbangkan kondisi pemain dan kompetisi yang berada dalam situasi yang padat.

"Alasan utama untuk mengubah sementara tiga aturan pemain, yaitu para pemain menjadi terdampak kompetisi yang dimainkan dalam periode yang diringkas dan dalam kondisi cuaca yang berbeda."

"Tinjauan baru-baru ini menunjukkan bahwa alasan perubahan sementara tetap valid dan dampaknya terhadap keselamatan para pemain kemungkinan akan berlanjut hingga 2021."

Namun, setiap kompetisi dibebaskan untuk mengikuti aturan lima pergantian atau kembali ke aturan lama dengan tiga pergantian pemain.

Liga Primer Inggris, EFL, dan Liga Skotlandia belum memutuskan apakah akan tetap menggunakan lima pergantian pada musim depan.

Klub Liga Primer Inggris dijadwalkan akan bertemu pada 24 Juli untuk mendiskusikan keputusan IFAB itu. (Skysports/OL-8)

Baca Juga

AFP/LLuis Gene

Misi Atalanta Harumkan Lagi Nama Italia di Liga Champions

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:05 WIB
La Dea menjadi satu-satunya harapan Italia untuk meraih trofi Liga Champions pertama sejak kemenangan Inter Milan 2010...
AFP

Pirlo Persilakan Ramsey Hengkang dari Turin

👤Ant 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:19 WIB
Pemain timnas Wales tersebut bergabung dengan Juventus sebagai pemain bebas transfer musim panas lalu. Kehadiran Ramsey dianggap sebagai...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Shin Tae-yong Pulangkan 11 Pemain

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 17:16 WIB
Shin Tae-yong mengatakan, 11 pemain itu memang tidak dipilih dalam lanjutan TC Timnas...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya