Kamis 16 Juli 2020, 00:23 WIB

Presiden: Tanpa Sanksi Masyarakat tak Sadar Protokol Kesehatan

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: Tanpa Sanksi Masyarakat tak Sadar Protokol Kesehatan

MI/ Susanto
Ilustrasi

 

PRESIDEN Joko Widodo mengaku sedang menggodok instruksi presiden (Inpres) yang akan mengatur sanksi dan denda bagi para pelanggar protokol kesehatan. 

Regulasi itu nantinya bisa dijadikan landasan hukum bagi kepala daerah untuk menerbitkan peraturan turunan dalam penerapan sanksi di wilayah masing-masing.

Langkah tegas tersebut, menurut Jokowi, sangat mendesak untuk dilaksanakan. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang enggan mengikuti ajakan dan imbauan pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan terutama mengenakan masker dan menjaga jarak.

"Memang harus diberi sanksi. Kalau tidak, masyarakat kita ini tidak memiliki kesadaran memakai masker dan jaga jarak," ujar Jokowi di hadapan para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (15/7), dikutip dari Sekretariat Kabinet.

Selama ini pemakaian masker hanya sekedar imbauan belum ada regulasi yang kuat untuk menetapkan sanksi 

Namun terkait bagaimana bentuk sanksi dan denda bagi pelanggar, presiden menyerahkan itu kepada kepala daerah.

Ia menilai bentuk aturan tersebut bisa disesuaikan dengan kearifan lokal agar sanksi benar-benar efektif dan menimbulkan efek jera.

Sementara, Gubernur Jawa Barat mengaku sangat mendukung kebijakan tersebut karena, sedianya, wacana terkait pemberian sanksi memang diusulkan oleh pemerintah daerah.

Di Jawa Barat sendiri, lanjut pria yang akrab disapa Emil itu, pemerintah provinsi sudah menghitung besaran sanksi yang akan dijatuhkan kepada para pelanggar.

"Itu sekitar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu. Itu untuk yang tidak pakai masker di ruang publik, kecuali sedang pidato, makan. Itu anti diperkuat oleh Inpres yang mudah-mudahan minggu ini keluar," tuturnya. (OL-8).

 

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas

Disdik Diminta Terapkan Pembelajaran Sesuai Keputusan 4 Menteri

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:59 WIB
Kemendikbud menegaskan kembali pentingnya kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di masa pandemi...
Instagram @duniamanji

Polda Metro Jaya akan Panggil Anji dan Hadi Pranoto

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:19 WIB
Pemanggilan itu terkait pembahasan penemuan obat covid-19 yang diungah di kanal Youtube milik Anji,...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

Mendagri Minta Ada Simulasi Protokol Covid-19 di Sekolah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 07:17 WIB
Penting menekankan pembelajaran tatap muka dengan kedisiplinan protokol kesehatan sehingga proses pembelajaran tatap muka nantinya tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya