Kamis 16 Juli 2020, 07:05 WIB

Aktor Jackie Chan Tebar Uang ke Korban Covid-19?

Zubaedah Hanum | Humaniora
Aktor Jackie Chan Tebar Uang ke Korban Covid-19?

Facebook
Video Jackie Chan yang dijadikan konten informasi keliru terkait covid-19.

 

BEREDAR kabar aktor laga asal Tiongkok, Jackie Chan menawarkan  bantuan uang tunai kepada korban covid-19 maupun orang-orang yang terkena dampak pandemi covid-19. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyatakan ada disinformasi dalam kasus ini.

Kabar itu berawal dari beredarnya video di sejumlah platform media sosial yang menampilkan aktor ternama asal Hong Kong itu disertai narasi bahwa ia menawarkan bantuan sejumlah uang kepada korban covid-19.

Faktanya setelah ditelusuri kabar tersebut tidak benar. Dikutip dari factcheck.afp.com, video tersebut merupakan hasil suntingan dari dua video yang berbeda.

Video pertama diunggah di akun Facebook resmi Jackie Chan pada April 2020 berisi imbauan untuk melindungi diri dari covid-19. Tidak ditemukan pernyataan Chan menawarkan sumbangan uang tunai kepada korban covid-19 maupun mereka yang terkena dampak covid-19 pada video tersebut.

Sedangkan, video kedua diambil dari unggahan tahun 2017 di halaman Instagram petinju AS Floyd Mayweather.

Dikutip dari laman factcheck.afp.com , video itu diunggah di Facebook pada July 7, 2020 di grup komunitas Myanmar. Sampai saat ini, sudah lebih dari 1,7 juta orang yang melihat video itu dan sudah dibagikan sebanyak 54,000 kali.

Hasil penelusuran AFP dengan Google Image menemukan versi lebih panjang dari video yang diterbitkan itu di akun Facebook resmi Jackie Chan pada 3 April 2020.

Dalam video itu, Chan mengatakan, "Halo, saya Jackie Chan. Saya tahu ini adalah masa yang sangat sulit bagi semua orang saat ini. Dan kita semua menghadapi masalah yang sama - coronavirus .... Melindungi diri Anda adalah melindungi keluarga Anda. Tetap aman. Tetaplah kuat. Saya juga percaya kita memiliki masa depan yang lebih cerah. Terima kasih," ucap aktor kelahiran Victoria Peak, Hong Kong itu.

Pria berusia 66 tahun itu tidak menyebutkan selebaran apa pun selama video berlangsung. Berbeda dengan gambar yang dibagikan di akun Instagram petinju Mayweather. (H-2)

Baca Juga

Antara

Kemendikbud Genjot PAUD di Nusa Tenggara Timur

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 17:03 WIB
Kemendikbud menjalin kerjasama dengan Pemerintah New Zealand dan UNICEF Indonesia sejak tahun 2016 dalam mengembangkan model PAUD-HI di...
Medcom

Hari ini, Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia jadi 75.645 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:48 WIB
Update pasien covid-19 sembuh di Indonesia menjadi 75.645 orang setelah ada tambahan 1.756...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Inilah Standar Pemenuhan Gizi di RS saat Bencana

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:45 WIB
Ahli Gizi Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta Yeni Prawiningdyah menjelaskan sejumlah standar penyelenggaraan gizi dalam situasi bencana di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya