Rabu 15 Juli 2020, 17:21 WIB

OJK: 1.915 Iklan Sektor Jasa Keuangan Langgar Aturan

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Ekonomi
OJK: 1.915 Iklan Sektor Jasa Keuangan Langgar Aturan

MI/Ramdani
Logo Otoritas Jasa Keuangan terpasang di dalam gedung.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan 1.915 iklan sektor jasa keuangan telah melanggar aturan. Jumlah itu setara dengan 36,65% dari total iklan penyedia jasa keuangan semester I 2020, yakni 5.238 iklan.

“Sektor yang melakukan pelanggaran sebanyak 73% ialah sektor perbankan. Sekitar 25% sektor industri keuangan non-bank dan 2% dari sektor pasar modal,” ujar Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/7).

Dari 1.915 iklan yang melanggar ketentuan, sekitar 94% merupakan iklan tidak jelas, 5% iklan menyesatkan dan 1% tidak akurat. OJK juga menerima banyak aduan terkait masalah asuransi yang bersifat persengketaan (dispute).

Baca juga: Semester I 2020, Apa Saja Kinerja OJK?

Menurut Sarjito, sebagian besar aduan muncul karena konsumen atau nasabah tidak mendapatkan penjelasan terkait produk asuransi. "Mereka seringnya tanda tangan dulu. Padahal harusnya dibaca dulu (polis) dengan baik. Kalau perlu, jangan terburu-buru sampai mengerti," pungkasnya.

Mengingat banyak aduan dan pelanggaran, OJK pun memperketat pengawasan market conduct, yakni bagian dari aturan dan pengawasan sektor jasa keuangan. Tujuannya, memastikan lembaga keuangan memberikan pelayanan yang baik dan jujur kepada konsumen.

Sejumlah kebijakan telah disiapkan OJK. Salah satunya, Peraturan OJK Nomor 1 Tahun 2013 tentang prinsip perlindungan konsumen. Belied ini mengatur transparansi, perlakuan adil, reliabilitas, keamanan dan kerahasiaan data konsumen. Serta, penanganan aduan oleh pelaku jasa keuangan.(OL-11)

Baca Juga

Istimewa

Kemudahan Investasi Asing Genjot Industrialisasi

👤RO/Micom 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 21:16 WIB
Regulasi yang memudahkan masuknya investasi harus didorong, seperti RUU...
ANTARA/Audy Alwi

Perusahaan Swasta Besar Harus Jadi Bapak Angkat UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 19:34 WIB
Menurut Aviliani, perusahaan besar itu menjadi bagian dan wajib mengangkat kehidupan...
Ist/Maybank

Maybank Indonesia & Maybank Foundation Teruskan Program RISE 2.0

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 16:03 WIB
Pelatihan RISE 2.0 level Basic ini berlangsung secara daring dengan total peserta 25 penyandang disabilitas dengan berbagai latar...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya