Rabu 15 Juli 2020, 17:13 WIB

UTBK SBMPTN Tahap Pertama Lancar, Diikuti 519 Ribu Peserta

Syarief Oebaidillah | Humaniora
UTBK SBMPTN Tahap Pertama Lancar, Diikuti 519 Ribu Peserta

Antara
Ilustrasi

 

UJIAN Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 pada tahap pertama yang berlangsung tanggal 5-14 Juli 2020 secara umum berjalan baik dan lancar dengan kehadiran peserta mencapai 93,01 persen.

Dijadwalkan tahap kedua UTBK SBMPTN akan berlangsung tanggal 20-29 Juli mendatang di 74 pusat UTBK.

"Alhamdulillah, di tengah pandemi covid 19 pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahap pertama berjalan baik dan lancar.. Dengan tingkat kehadiran mencapai 93,01 persen atau 519.070 peserta dari 558.107 pendaftar.. Kondisi ini lebih baik dari tahun 2019 yang tingkat kehadirannya 88,89 persen. ," ungkap Ketua Tim Pelaksana LTMPT, M Nasih, pada konferensi virtual , Rabu (15/7).

M Nasih yang juga Rektor Universitas Airlangga Surabaya menjelaskan adanya ketidakhadiran peserta pada tahap pertama antara lain disebabkan ditemukan 1.500 peserta yang dinyatakan kurang sehat dalam penerapan protocol kesehatan dengan suhu tubuh melebih 37,5 derajat celcius serta hasil rapid test nya reaktif. Mereka akan direlokasi untuk mengikuti UTBK SBMPTN tahap ke dua.

Menurut Nasih para peserta ini mesti mencetak kembali kartu ujian ulang dan memastikan kondisi sehat agar dapat mengikuti tes UTBK tahap kedua .” Mereka harus dalam keadaan sehat dengan suhu tubuh tertinggi 37,5 derajat celcius serta menujukan keterangan hasil rapid test non reaktif, “ tegas Nasih..Menurutnya LTMPT akan melakukan identifikasi mereka nantinya masuk ke pusat UTBK atau SMA atau SMK yang akan dipergunakan.

Baca juga : Guru Penggerak Lahirkan Guru Pembelajar Berpusat kepada Murid

Ketidakhadiran peserta UTBK-SBMPTN juga disebabkan adanya ketidaksiapan pusat UTBK melaksanakan tes seperti , Universitas Nusa Cendana (Undana), Nusa tenggara Timur (NTT) yang akan direlokasi ke tahap kedua. Berikutnya di kampus UIN Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Jakarta juga direlokasi karena ada alasan teknis dan psikologis.

Pada kesempatan sama, Plt Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam, mengapresiasi pelaksanaan UTBK SBMPTN Tahap pertama yang berjalan lancar. Nizam mengutarakan memantau pelaksanaan di UTBK SBMTPN di Jakarta dan Yogyakarta yang berjalan dengan penerapan protocol kesehatan dengan baik.

“ Saya apresiasi, dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh panitia dan pimpinan LTMPT yang telah menyelenggarakan UTBK ini dengan sangat baik, “ tegas Nizam.

Guru Besar UGM ini mengingatakn jangan sampai keberhasilan UTBK tahap pertama membuat lengah pelaksanaan UTBK tahap kedua..Pasalnya, UTBK tahap kedua juga tidak kalah kompleks karena tempat penyelenggaraannya akan lebih banyak tempatnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Seno

Pasar Modern Sukabumi Dilarang Gunakan Kantong Plastik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:20 WIB
Sebagai pengganti kantong plastik digunakan tote bag dari kain yang bisa dipakai...
DOK Poltek SSN

Poltek SSN Perkuat Kompetensi SDM Siber dan Sandi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:47 WIB
Selama masa pendidikan, taruna-taruni Poltek SSN secara penuh ditanggung oleh negara. Setelah menjalani masa pendidikan 4 tahun, seluruh...
Dok MI

Buddha Tzu Chi Salurkan 5.000 Ton Beras Bantuan Korona

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:43 WIB
Semua sumbangan, kata dia, akan disalurkan melalui Polda di 34 provinsi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya