Rabu 15 Juli 2020, 16:44 WIB

Singapura Alami Resesi, Ekspor Indonesia Malah Meningkat

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Singapura Alami Resesi, Ekspor Indonesia Malah Meningkat

AFP/Roslan Rahman
Patung Merlion yang menjadi simbol Singapura.

 

SAAT ekonomi Singapura mengalami resesi, kinerja ekspor Indonesia ke negara tersebut pada Juni 2020 malah meningkat US$ 137,3 juta, atau tumbuh 29,27% dibandingakan Mei 2020,

Terhitung sepanjang Januari-Juni 2020, nilai ekspor Indonesia ke Singapura mencapai US$ 4,6 miliar, atau 6,36% dari total ekspor nasional.

"Ekspor Indonesia ke Singapura masih mengalami peningkatan sebesar US$ 137,3 juta. Selama Juni ini, ekspor kita ke Singapura yang mengalami peningkatan adalah logam mulia, perhiasan dan permata, mesin dan peralatan listrik, hingga bahan pokok," ujar Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto, dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/7).

Baca juga: Neraca Perdagangan Juni 2020 Surplus US$1,27 Miliar

Belum lama ini, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura mengumumkan data awal perkembangan ekonomi domestik. Pertumbuhan ekonomi Singapura pada kuartal II 2020 anjlok 41,2%.

Secara menyeluruh, pertumbuhan ekonomi Singapura pada tahun ini diperkirakan terkontraksi hingga 12%. Negara itu mengalami resesi ekonomi, karena terkontraksi pertumbuhan selama dua kuartal berturut-turut.

"Pemerintah Singapura mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi triwulan II 2020 mengalami kontraksi cukup dalam. Jadi dua kali berturut. Sehingga secara teknis, Singapura dikategorikan alami resesi. Namun pada Juni 2020, ekspor Indonesia justru tumbuh bagus," jelas Suhariyanto.

Baca juga: Menkeu: Dibandingkan Negara Lain, Ekonomi Indonesia Lebih Baik

Dia belum bisa memastikan dampak resesi ekonomi Singapura terhadap perekonomian Indonesia. Sebab, perhitungan kuartal merupakan kalkulasi dari pertumbuhan ekonomi pada April, Mei dan Juni. Sedangkan peningkatan ekspor Indonesia ke Singapura baru terjadi pada Juni ini.

“Kalau kita lihat, angka (ekpsor Indonesia) ini, kita akan oke. Tapi kalau dilihat seberapa dalam pengaruhnya, nanti kita lihat ke depannya.Saya berharap sinyal positif dari ekspor Juni ini akan terus membaik," pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist

UMKM Jadi Motor Ekonomi Rakyat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

👤mediaindoesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:01 WIB
Pemerintah mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan...
MI/ROMMY PUJIANTO

Istana Sebut Indonesia belum Alami Resesi

👤Nur Azizah, Andhika Prasetyo 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:11 WIB
Berdasarkan konsensus ekonomi di seluruh dunia, resesi merupakan pertumbuhan negatif perekonomian berturut-turut selama dua kuartal...
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Terancam Resesi, Kadin Minta RUU Cipta Kerja Disahkan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 10 Agustus 2020, 08:53 WIB
"Omnibus ini betul-betul perlu untuk disahkan secepatnya bila kita ingin investasi terus masuk dan lapangan kerja lebih banyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya