Rabu 15 Juli 2020, 15:30 WIB

University of Manchester Beri Rashford Gelar Doktor Kehormatan

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
University of Manchester Beri Rashford Gelar Doktor Kehormatan

AFP/Paul Ellis
Penyerang Manchester United Marcus Rashford

 

PENYERANG Manchester United Marcus Rashford akan menerima gelar doktor kehormatan atau honorary doctorate dari University of Manchester. Pihak universitas telah mengonfirmasi itu, Rabu (15/7) WIB, dan akan diberikan pada musim panas ini.

Doktor kehormatan diberikan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi pada bidang tertentu atau lebih umum sebagai ungkapan terima kasih kepada mereka yang telah memberikan sumbangan besar untuk masyarakat atau institusi.

Rashford diganjar penghargaan tertinggi oleh University of Manchester berkat kampanye melawan kemiskinan dan kelaparan bagi anak-anak di Inggris dan prestasi di dalam lapangan.

Rashford yang berusia 22 tahun akan menjadi penerima gelar doktor kehormatan termuda dari University of Manchester.

Baca juga: Rashford Kumpulkan Donasi Rp386 M Bantu Anak Sekolah di Inggris

University of Manchester juga pernah memberikan gelar serupa kepada legenda Manchester United Sir Alex Ferguson dan Sir Bobby Charlton berkat prestasi dan kontribusi bagi sepak bola.

"Ini hari yang membanggakan bagi saya. Ketika melihat nama-nama besar yang diberikan gelar ini, saya merasa ini berlebihan. Tapi, kita masih memiliki jalan panjang untuk memerangi kemiskinan anak di negara ini. Terima kasih kepada The University of Manchester," ungkap Rashford.

Selama pandemi covid-19 dan diberlakukannya lockdown atau kuncitara, Rashford bekerja sama dengan badan amal FareShare. Kerja sama ini sukses mengumpulkan 20 juta pound sterling dalam bentuk uang dan makanan dan mampu mendistribusikan 3,9 juta makanan ke negara yang rentan selama pandemi covid-19.

Pada 15 Juni, Rashford juga mengirim surat kepada pemerintah Inggris agar skema makanan untuk anak-anak sekolah tetap dilanjutkan meski sekolah diliburkan sepanjang musim panas. Ia mengatakan ketika program pemberian makanan siang gratis kepada anak-anak dihentikan, maka akan ada kelaparan selama lockdown.

Ia juga menceritakan bagaimana pentingnya makanan saat ia bersekolah dulu. Pemerintah Inggris pun lantas mengabulkan permintaa tersebut selang 36 jam kemudian.

Di atas lapangan, Rashford yang menjalani debut pada Februari 2016 telah meraih sejumlah gelar bersama United, yakni Piala FA, Piala Liga, Community Shield, dan Liga Europa. (aboutmanchester/OL-5)

Baca Juga

AFP/MARCO BERTORELLO

Conte Tegaskan Komitmennya di Inter Milan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 07:36 WIB
Conte yang baru semusim membesut Inter sukses mengantarkan tim itu finis di urutan kedua klasemen akhir Serie A yang merupakan raihan...
AFP/Khaled DESOUKI

Liverpool Incar Mandi untuk Gantikan Lovren

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 07:32 WIB
Mandi jadi opsi yang cukup masuk akal mengingat Liverpool diperkirakan hanya perlu mengeluarkan sekitar 9 juta euro untuk mendapatkan bek...
AFP/Catherine Ivill

Batuk, Pesepak Bola di Inggris Bisa Dikartu Merah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 06:58 WIB
Kendati demikian, regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar dan mana yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya