Rabu 15 Juli 2020, 14:30 WIB

187 Ribu Warga Rentan Covid-19, Pemkab Banyumas Masifkan Tes Usap

Lilik Darmawan | Nusantara
187 Ribu Warga Rentan Covid-19, Pemkab Banyumas Masifkan Tes Usap

MI/LILIK DARMAWAN
Tes Swab Massal di Banyumas.

 

TES usap atau swab yang dilakukan oleh Pemkab Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) terus dilangsungkan. Dari target tes usap hingga akhir Juli sebanyak 4.000 sampel, kini telah mencapai 1.400 sampel. Tes masif dilaksanakan karena berdasarkan pemetaan yang dilakukan, ada 187 ribu warga yang rentan.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan bahwa berdasarkan pemetaan yang dilakukan pemkab, ada 187 ribu warga yang rentan. Mereka adalah ibu hamil, bayi, dan orang yang telah tua. 

Baca juga: Pemkab Purwakarta Larang Jual Kurban di Jalan Protokol

"Pemkab melaksanakan tes swab untuk melindungi mereka yang rentan. Sebab, kebanyakan mereka yang positif berdasarkan tes swab umumnya adalah orang tanpa gejala," jelas Bupati, Rabu (15/7).

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Banyumas Sadiyanto, mengatakan dari 1.400 warga yang telah diambil sampel untuk tes usap, 911 di antaranya sudah ada konfirmasi. Dari 911 orang yang dites usap, 19 di antaranya positif Covid-19. 

"Sampai sekarang masih menunggu hasil 489 orang. Sementara ini, positive rate di Banyumas sebesar 2,08%," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Banyumas, Sarikin, mengatakan bahwa ada rencana dari pemkab untuk melanjutkan tes swab untuk pedagang di Pasar Wage. 

Saat ini melanjutkan penyemprotan di lantai dua. Jadi, pada saat dibuka pada Jumat (17/7) besok, pedagang tidak khawatir lagi. 

"Satu hal lagi, mereka harus tetap mentaati protokol kesehatan yang ada. Salah satunya adalah mengenakan masker dan cuci tangan serta jaga jarak sosial," kata dia. (OL-6)

Baca Juga

Ilustrasi

Kasus Kematian Ibu dan Bayi di Blora ,Tinggi

👤 Akhmad Safuan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:10 WIB
Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah hingga saat ini jumlahnya masih...
MI/Dwi Apriani

IPC Group Palembang Kembali Kedatangan Kapal Terbesar Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:55 WIB
Indonesia Port Corporation (IPC) Group Palembang kini kembali melayani kapal terbesar kedua yang membawa kargo peti kemas di Pelabuhan...
Istimewa

Di atas Kertas Olly Dondokambey Sulit Dikalahkan di Pilkada Sulut

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:30 WIB
KUBU petahana Olly Dondokambey diapresiasi positif dengan elektabilitas di atas...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya