Rabu 15 Juli 2020, 13:00 WIB

Berbeda dengan Trump, Biden Fokus pada Proposal Perubahan Iklim

Faustinus Nua | Internasional
Berbeda dengan Trump, Biden Fokus pada Proposal Perubahan Iklim

AFP/ OLIVIER DOULIERY
Calon Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden

 

CALON presiden dari partai Demokrat, Joe Biden, diharap segera meluncurkan rencana perubahan iklim yang akan mengubah sektor energi AS dengan target bebas polusi karbon hanya dalam kurun waktu 15 tahun.

Proposal energi bersih itu telah disempurnakan dalam sebuah pidato di Wilmington. Proposal itu bertujuan untuk membuat perbedaan dengan Presiden Donald Trump menjelang pemilihan pada November.

Biden beralasan fokus pada perubahan iklim akan mendukung terciptanya lapangan pekerjaan besar-besaran di bawah pemerintahannya.

"Mengubah sektor kelistrikan Amerika untuk menghasilkan tenaga tanpa menghasilkan polusi karbon akan menjadi pemacu terbesar penciptaan lapangan kerja dan daya saing ekonomi di abad ke-21," kata Biden.

"Itulah sebabnya kita akan mencapai sektor listrik bebas karbon pada tahun 2035," imbuhnya.

Baca juga:  Joe Biden Mulai Cari Calon Wapres

Rencana tersebut mencakup tujuan yang lebih ambisius daripada proposal iklim yang diluncurkannya beberapa bulan lalu. Dengan merangkul beberapa ide dari saingannya yang lebih liberal di Demokrat, termasuk Senator Bernie Sanders dan Gubernur Washington Jay Inslee, Biden tampaknya berniat memenangkan pemilih progresif.

Menurut The Washington Post, Biden berjanji akan menghabiskan 2 triliun dolar AS selama 4 tahun untuk mempromosikan rencananya. Angka itu meningkat dari 1,7 triliun dolar AS yang ia usulkan sebelumnya untuk 10 tahun lebih.

Dia juga akan kembali bergabung dengan perjanjian iklim Paris setelah Trump menarik AS keluar pada tahun 2017. Sehingga, dia akan mendanai pembangunan 1,5 juta rumah hemat energi baru, meningkatkan standar peralatan dan memprioritaskan energi terbarukan.

"Kita tidak hanya akan bermain-main di tepinya. Saya tahu memenuhi tantangan akan menjadi kesempatan sekali seumur hidup untuk kehidupan baru dalam perekonomian kita," pungkas Biden.

Biden menambahkan, dia akan membalikkan 100 langkah yang diambil Trump terkait lingkungan. Sehingga dapat mendukung program nol emisi di seluruh dunia selambat-lambatnya pada tahun 2050.(France24/TWP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Franck Fife

Macron, Pemimpin Dunia Pertama yang Kunjungi Ledakan Beirut

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 17:23 WIB
Presiden Prancis terbang ke Beirut, Libanon, pada Kamis waktu setempat. Dia dijadwalkan langsung mengunjungi lokasi ledakan, setelah...
Ilustrasi

Covid-19, Papua Nugini Hentikan Operasional Tambang Terbesar

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:41 WIB
Pandemi virus korona (covid-19) yang telah mewabah di Papua Nugini memaksa penutupan tambang terbesar di negara...
AFP/Prakash Singh

Rekor, India Catat 904 Kematian Akibat Covid-19 dalam Sehari

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:27 WIB
Hampir 2 juta warga India terinfeksi covid-19. Total kasus kematian akibat covid-19 mencapai 40 ribu orang. Namun, tingkat kesembuhan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya