Rabu 15 Juli 2020, 08:29 WIB

Trump Akhiri Hubungan Dagang Istimewa AS dengan Hong Kong

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Akhiri Hubungan Dagang Istimewa AS dengan Hong Kong

AFP/JIM WATSON
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (14/7), memutuskan mengakhiri hubungan dagang istimewa AS dengan Hong Kong serta mengesahkan RUU yang mengizinkan penjatuhan sanksi bagi bank terkait menguatnya pengaruh Tiongkok di kota tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers, Trump menegaskan dirinya memutuskan bersikap lebih tegas terhadap Tiongkok termasuk terkait perlakuan Beijing terhadap Hong Kong.

"Hong Kong kini diperlakukan sama seperti Tiongkok daratan. Tidak ada lagi perlakuan khusus, tidak ada lagiu perlakuan ekonomi, dan tidak ada lagi ekspor teknologi sensitif," tegas Trump di Geudng Putih.

Baca juga: Vaksin Covid-19 dari AS Tunjukkan Hasil Menjanjikan

"Hal itu karena kebebasan warga Hong Kong telah dirampas. Hak mereka diambil."

"Tanpa kebebasan, tidak ada Hong Kong. Mereka tidak bisa bersaing dengan pasar bebas. Akhirnya, banyak orang akan meninggalkan Hong Kong," lanjutnya.

Trump kemudian mengatakan dirinya telah mengesahkan RUU Otonomi Hong Kong yang sebelumnya mendapatkan persetujuan penuh di Kongres AS.

Undang-Undang baru itu mengizinkan sanksi terhadap pejabat Tiongkok dan polisi Hong Kong yang dianggap mengganggu otonomi kota tersebut. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

Antara

Ilmuwan Jepang Beralih ke Ulat Sutera untuk Vaksin Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:55 WIB
Profesor Universitas Kyushu, Takahiro Kusakabe, dan timnya sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin unik menggunakan ulat...
Antara

Rusia Tawarkan Pasok Vaksin Covid-19 ke Filipina

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:45 WIB
Rusia bersedia memasok vaksin virus korona (covid-19) ke Filipina, atau bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk memproduksinya secara...
AFP/YONHAP

Banjir Korsel Akibatkan Puluhan Orang Meninggal, Ribuan Mengungsi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 16:18 WIB
Hujan deras, tanah longsor, dan banjir di Korsel telah menewaskan sedikitnya 30 orang dalam beberapa hari terakhir. Namun, jumlah korban...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya