Rabu 15 Juli 2020, 05:32 WIB

Sebulan di Laut, 57 Nelayan di Argentina Positif Covid-19

Faustinus Nua | Internasional
Sebulan di Laut, 57 Nelayan di Argentina Positif Covid-19

AFP/ALEXIS DELELISI
Kapal nelayan Echizen Maru berlabuh di Pelabuhan Ushuaia di Provinsi Tierra del Fuego, Argentina setelah awak kapal itu terinfenksi covid-19

 

OTORITAS Argentina tengah berusaha memecahkan misteri medis setelah 57 nelayan atau pelaut dinyatakan terinfeksi virus korona (covid-19). Para nelayan itu berada di laut selama 35 hari dan sebelum meninggalkan pelabuhan, seluruh kru sudah menjalani tes yang hasilnya negatif.

Dikutip SCMP, Kementerian Kesehatan Provinsi Tierra del Fuego, Senin (14/7), menyampaikan kapal pukat ikan Echizen Maru kembali ke pelabuhan setelah beberapa krunya mulai menunjukkan gejala-gejala covid-19.

Setelah melakukan tes terhadap 61 awak kapal, 57 di antara mereka didiagnosa positif covid-19.

Baca juga: 3 Negara Bagian AS Catat Peningkatan Kasus Kematian akibat Korona

"Sulit menentukan bagaimana kru ini terinfeksi. Mengingat selama 35 hari mereka tidak melakukan kontak dengan daratan dan pasokan hanya didatangkan dari pelabuhan Ushuaia," kata Alejandra Alfaro, direktur perawatan kesehatan primer di Tierra del Fuego.

Saat ini, lanjutnya, sebuah tim tengah memeriksa gejala pada kru untuk menetapkan kronologi penularan. Semua anggota kru pun diarahkan menjalani karantina wajib selama 14 di sebuah hotel di Kota Ushuaia.

Kepala Departemen Penyakit Menular Rumah Sakit Regional Ushuaia, Leandro Ballatore, mengatakan kasus tersebut unik dan tidak seperti biasanya. Dia percaya kasus itu tidak pernah ada dalam publikasi penelitian para ilmuwan.

"Ini kasus yang lolos dari semua deskripsi dalam publikasi, karena periode inkubasi selama ini belum dijelaskan di mana pun," terangnya.

Hingga Minggu (12/7), total kasus covid-19 di Argentina melebihi 100.000 orang. Angka kematian pun kematian meningkat menjadi 1.859 orang. Sebagian besar kasus infeksi ada di daerah ibukota Buenos Aires.(OL-1)

Baca Juga

AFP/Siarhei LESKIEC

Pascapilpres, Polisi dan Demonstran Bentrok di Belarus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:22 WIB
Pendukung oposisi turun ke jalan di Minsk dan kota besar lainnya setelah tempat pemungutan suara ditutup dan exit poll menunjukkan bahwa...
AFP/EVARISTO SA

Covid-19 Bunuh 100 Ribu Orang, Bolsonaro Tolak Disalahkan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:00 WIB
Bolsonaro sejak lama menganggap remeh covid-19 dan menyebut penyakit itu tidak ubahnya flu...
AFP/ADEM ALTAN

Turki Jadi yang Ketiga dalam Pengembangan Vaksin Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 10 Agustus 2020, 10:35 WIB
Pada Minggu (9/8) Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki telah menjadi negara ketiga yang mengembangkan vaksin covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya