Rabu 15 Juli 2020, 04:55 WIB

BNI Dorong Kemudahan Bisnis Investor Jepang

Ant/E-3 | Ekonomi
BNI Dorong Kemudahan Bisnis Investor Jepang

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
BNI memberikan layanan menyeluruh untuk memudahkan para investor melalui unit International Desk.

 

Untuk mendukung masuknya investasi asing langsung, terutama dari perusahaan-perusahaan Jepang, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan layanan menyeluruh untuk memudahkan para investor melalui unit International Desk.

Kenyamanan yang disiapkan BNI mencakup pembukaan rekening giro dan cash management, foreign exchange (forex), penerbitan letter of credit (L/C), pemberian fasilitas modal kerja, penyediaan informasi tentang kondisi perekonomian, iklim investasi, hingga menyelesaikan perizinan, serta relokasi usaha di Indonesia.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI, Putrama Wahyu Setiawan, menjelaskan saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 1.500 perusahaan yang merupakan bagian dari investasi Jepang dengan bentuk joint venture atau anak perusahaan.

Perusahaan-perusahaan tersebut sebagian besar merupakan nasabah bank pembangunan daerah di negeri asal mereka (Japan regional banks/JRB) yang berinvestasi di Indonesia. JRB tersebut tidak memiliki kantor cabang di Indonesia.

“BNI memanfaatkan kondisi tersebut dengan memberikan pelayanan perbankan lengkap bagi JRB beserta nasabah JRB di Indonesia,” papar Putrama.

Salah satu terobosan yang dilakukan BNI dalam berkola­borasi dengan JRB ialah menyediakan fasilitas kredit dalam denominasi yen atau rupiah untuk perusahaan-perusahaan Jepang-Indonesia terkait yang berorientasi ekspor.

Putrama mengatakan fasi­litas itu diberikan melalui skema penjaminan dari JRB (back to back loan). Skema itu merupakan yang pertama kali dilakukan bank lokal di Indonesia. Hal itu bisa dilakukan karena BNI memiliki kantor cabang luar negeri di Tokyo yang memiliki perjanjian kerja sama dengan bank-bank regional Jepang.

“Pinjaman dalam bentuk yen atau rupiah ini dimungkinkan dengan adanya dukungan pendanaan dari 54 Japan regional banks melalui BNI Tokyo, sehingga pinjaman yang diberikan memiliki bunga yang kompetitif,” ungkap Putrama.

Melalui kerja sama dengan JRB ini BNI mampu menghimpun dana sekitar Rp6,5 triliun, plus mendapatkan perluasan basis nasabah sebanyak 400 perusahaan Jepang. (Ant/E-3)

Baca Juga

Ist/Kementan

Perkuat Lapak Digital, Kostratani Jadi Tol Petani di Era 4.0

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 22:30 WIB
Lapak Kostratani Online menjadi harapan baru petani mendapatkan manfaat ekonomi lebih baik dari aktivitas...
Ist/Kementan

Makin Go Digital, Lapak Kostratani Online Hadir di Bukalapak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 22:20 WIB
Dari kerja sama ini, Kementan menghadirkan Lapak Kostratani Online yang bisa dimanfaatkan petani dari berbagai penjuru di Tanah...
Antara

KAI Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 21:43 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperoleh Sertifikat ISO 37001: 2016 setelah menjalani proses sertifikasi yang sesuai dengan penerapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya