Selasa 14 Juli 2020, 23:19 WIB

Surya, Inspirator Kaum Muda Membangun Negeri

Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum
Surya, Inspirator Kaum Muda Membangun Negeri

MI/Susanto
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh

 

SIAPA yang tidak kenal dengan tokoh politik, tokoh pers yang juga pengusaha ini. Ya, nama Surya Paloh memang tak asing di Negeri ini. Lusa, diusianya yang ke 69 sosok besar tinggi itu masih tetap moncer ditengah kancah kehidupan Bangsa Indonesia.

Perannya sebagai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi poin tersendiri dalam politik Tanah Air. Pengalamannya yang segudang sebagai tokoh politik dan pers juga menjadi panutan bagi berbagai pihak sebagai abang maupun bapak. Di dunia wiraswasta, Surya Paloh dikenal pula sebagai sosok bertangan dingin dalam menjalankan bisnis.

Selain hal di atas, pria kelahiran Kutaraja, Banda Aceh, 16 Juli 1951 yang juga dikenal sebagai ‘’macam podium’’ karena pidatonya yang berapi-api, dimata orang terdekatnya ternyata sebagai sosok yang lemah lembut dan asyik diajak berdiskusi, terlebih bagi generasi muda Partai NasDem.

Wajar jika Surya kini menjadi inspirasi bagi politisi maupun legislator muda NasDem. Paling tidak hal itu dirasakan anggota Komisi I DPR Prananda. Kendati ia di ketahui sebagai putra Surya Paloh, nyatanya sang bapak membuka lebar pintu demokrasi untuk memilih jalan hidup termasuk bidang politik. Tidak ada istilah ‘’anak emas’’ bagi Prananda.

Baca juga : Pemerintah Harus Buka 18 Lembaga yang akan Dibubarkan

‘’Tidak ada paksaan tapi keinginan sendiri. Kalau (Surya sebagai) Ketua Umum Partai, saya tidak diistimewakan,’’ kata Prananda, Selasa (14/7).

Prananda memerinci tahapan kariernya di Partai NasDem. Awalnya, dia mendirikan Liga Mahasiswa NasDem pada 2011 bersama Willy Aditya yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem.

Karier Prananda berlanjut sebagai pengurus Garda Pemuda (GP) NasDem dan sempat menjadi Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Partai NasDem. Teranyar, pria kelahiran Singapura, 21 September 1988 itu menjabat sebagai Koordinasi Bidang Pemenangan Pemilu Partai NasDem.

‘’Jadi ini melalui jenjang karier politik dan tidak ada diistimewakan. Di NasDem semua mendapat semua kesempatan yang sama atau meritokrasi,’’ ujar Prananda.

Partai NasDem memperoleh 59 kursi DPR dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Sebanyak 10 di antaranya berasal dari kalangan muda, termasuk Prananda.

Dia mengungkapkan pesan Surya kepada 10 legislator muda. Surya meminta anak-anak muda itu berani menyampaikan aspirasi dan membela rakyat dengan tulus dan berani.

‘’Tidak hanya mementingkan dirinya, golongan karena pemuda seharusnya membawa gerakan perubahan,’’ tutur Prananda.

Meski begitu, Surya terus mengingatkan agar tetap menghormati orang yang lebih tua. Sebab, pengalaman dan wawasan mereka bisa menjadi bekal dalam berkarier.

Secara khusus, terang Prananda, Surya kerap memberi wejangan. Hal itu lantaran ada ikatan emosional antara ayah dan anak.

‘’Bapak mengharuskan kalau saya salah, kembali ke hal benar. Tapi tidak pernah memaksakan mesti begini atau begitu,’’ ucapnya.

Tangan dingin Surya terbukti saat membawa Partai NasDem merebut 59 kursi DPR pada Pileg 2019. Jumlah itu meningkat dari 35 kursi pada Pileg 2014. Selain itu, NasDem meraih 9,05 persen suara nasional. Jumlah ini meningkat dari Pileg 2014 sebesar 6,72 persen atau melonjak 2,33 persen.

Baca juga : Komisi III Kumpulkan Perwakilan Fraksi Bahas Pansus Djoko Tjandra

‘’Sebagai partai politik yang masih di bawah 10 tahun dan baru beberapa kali ikut Pemilu, itu sudah raihan yang cukup fantastis,’’ ucap Prananda.

Menurut Prananda, salah satu kunci keberhasilan itu karena Partai NasDem dinakhodai sosok yang tepat. Keluwesan Surya dalam memimpin juga dinilai menjadi faktor penting.

Prananda juga melihat teladan lain pada Surya Paloh. Menurutnya, seorang pemimpin tidak hanya harus pintar namun juga menjadi teladan dan mengerti kondisi teman.

‘’Dan paling penting adalah kepribadian yang luwes mengambil keputusan,’’ kata dia.

Secara khusus, Prananda melihat sisi humanis dari Surya. Hal yang paling dia kenang kala Chairman Media Group itu turun langsung pascatsunami Aceh pada 2004 silam.

Yayasan Media Group menggalang dana dan sumbangan dari seluruh masyarakat. Bahkan, kata Prananda, bantuan itu disorot dunia dan menjadi pendorong hadirnya bantuan lain. Surya juga menetap di Aceh untuk memastikan bantuan tersalurkan merata.

‘’Itulah yang saya maksud sisi humanis. Biasanya orang hanya memberi sumbangan tapi ini memimpin langsung dan diarahkan langsung,’’ tutur Prananda.

Selamat Milad, sahabat, abang, bapak Surya Paloh tetap sehat dan umur yang berkah. Kami menanti teladan mu mengubah negeri menjadi lebih baik. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Taufan SP Bustan

Fraksi NasDem : Omnibus Law Cipta Kerja Solusi Hadapi Krisis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 19:54 WIB
Omnibus law Cipta Kerja adalah salah satu solusi dalam menghadapi situasi krisis. Karena itu pemerintah dan DPR berupaya melakukan...
DOK LAN

LAN Ciptakan ASN Unggul Melalui Inovasi Pengembangan Kompetensi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 19:36 WIB
Taufiq juga menambahkan dalam kondisi new normal, kita dihadapkan pada kondisi yang serba fleksibel. Salah satunya dengan bekerja dari...
Antara

KPK Kawal Program Bantuan Usaha Mikro selama Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 19:22 WIB
"KPK siap untuk mendukung supaya semua program percepatan penanganan covid-19 di bidang ekonomi bisa berjalan. Atmosfernya semuanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya