Selasa 14 Juli 2020, 21:54 WIB

Ada Kasus Covid-19, Terminal Baranangsiang Akan Tetap Beroperasi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ada Kasus Covid-19, Terminal Baranangsiang Akan Tetap Beroperasi

Antara/Yulius Satria Wijaya
Terminal Baranangsiang Bogor

 

BADAN Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memutuskan untuk tetap mengoperasikan Terminal Tipe A Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat dengan memperketat protokol kesehatan.

Langkah itu diambil pascadilaporkannya orang terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk unsur perangkat Terminal Baranangsiang berdasar pada hasil tes massal yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jumat 10 Juli lalu.

Keputusan ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor. Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menjelaskan, untuk menjamin layanan operasional terminal tetap berjalan maksimal, BPTJ akan menyiapkan petugas pengganti sementara.

“BPTJ akan menunjuk pelaksana harian Koordinator Satuan Pelayanan Terminal dan menyiapkan petugas pengganti yang berasal dari terminal lain yang berada di bawah pengelolaan BPTJ meliputi Terminal Tipe A Jatijajar, Depok, Terminal Tipe A Poris Plawad, Tangerang, dan Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan,” jelas Polana, Selasa (14/7).

Polana menambahkan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Terminal Baranangsiang, BPTJ akan melakukan pemeriksaan dan karantina kepada seluruh petugas Terminal Baranangsiang.

Langkah antisipasi juga akan diambil dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh pegawai baik yang ada di seluruh terminal maupun kantor pusat BPTJ.

Baca juga : Gencar Cari Kasus Covid-19, 405 Ribu Sampel Sudah diuji di DKI

“Hal ini dilakukan mengingat sempat terjadi interaksi antara pegawai yang ada di terminal dengan pegawai yang ada di kantor pusat,” ungkap Polana.

Kondisi ini, menurut Polana menunjukkan bahwa potensi penyebaran covid-19 dapat terjadi di mana saja dan kepada siapa saja, termasuk pada layanan transportasi publik. Di sisi lain, Polana menyampaikan bahwa selama ini Terminal Baranangsiang telah konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Pengecekan suhu, kewajiban memakai masker, penyediaan fasitlitas cuci tangan hingga ketentuan jaga jarak terus dilakukan di lingkungan Terminal Baranangsiang,” kata Polana.

Bahkan, Polana menambahkan penyemprotan disinfektan di Terminal Baranangsiang juga secara berkala dilakukan.

“Dengan adanya temuan ini, BPTJ bersama seluruh stakeholder di Terminal Baranangsiang akanberupaya untuk lebih memperketat pelaksanaan protokol kesehatan,” ujar Polana.

Temuan kasus ini tidak boleh dianggap remeh. Hal ini juga menunjukkan bahwa potensi penyebaran covid-19 pada layanan transportasi publik masih tinggi sehingga dibutuhkan kedisiplinan dan dukungan seluruh pihak.(OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Dishub DKI: Belum Ada Lonjakan di Transportasi Umum saat Gage

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 08:19 WIB
Pemberlakukan ganjil-genap di masa PSBB sebagai rem darurat untuk menekan pergerakan warga selama pandemi...
MI/PANCA SYURKANI

PAN Tuntut Pemprov DKI Sediakan Wifi Gratis di Kantor Pemerintah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 07:10 WIB
Hal itu untuk membantu anak-anak yang membutuhkan sambungan internet selama...
ANTARA/M Agung Rajasa

Cuaca Jakarta Cerah Berawan hingga Malam Hari

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 06:51 WIB
Potensi hujan ringan diprediksi terjadi di wilayah Kepulauan Seribu pada dini...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya