Selasa 14 Juli 2020, 21:19 WIB

Hutan Lindung Egon Ilinmedo di Sikka Terbakar

Gabriel Langga | Nusantara
Hutan Lindung Egon Ilinmedo di Sikka Terbakar

Ilustrasi
Kebakaran hutan

 

SEKITAR 90 haktare (ha) hutan lindung Egon Ilinmedo di Dusun Luah, Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terbakar, Selasa (14/7) sekitar pukul 11.30 Wita.

Enam jam kemudian api dapat dipadamkan setelah 165 personel TNI, Polri, Kehutanan serta masyarakat turun di lokasi kejadian.

Kebakaran itu terjadi sekitar 11.30 Wita. Dan api berhasil dipadamkan 17. 30 Wita. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat secara sederhana yaitu batang pohon, kain basah dan pembuatan sekat api sebagai penghalang meluasnya kebakaran," ujar Kapolres Sikka, AKBP Sajimin, Selasa (14/7).

Sajimin mengungkapkan, pihaknya juga mengerahkan mobil water canon, namun kendaraan water cannon kita tidak bisa menuju ke lokasi kebakaran dikarenakan tidak ada jalan, sehingga pihaknya melakukan pemadaman api dengan secara manual saja.

Baca juga : 101.181 Jiwa di Gunung Kidul Diprediksi Terdampak Kekeringan

Dikatakan Kapolres Sikka untuk mencegah tidak terjadi kebakaran lagi, dirinya telah menempatkan 26 personel gabungan untuk melakukan patroli.

"Anggota kita tempatkan di sana untuk melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membakar lahan. Selain itu anggota gabungan ini akan melakukan patroli di lokasi kebakaran," katanya.

Sementara itu, Staf UPH KPH Sikka Tartianus Albert menyebutkan, kawasan yang terbakar itu masuk dalam hutan lindung Egon Ilinmedo.

"Kebakaran di lokasi ini sangat cepat dikarenakan lokasi itu dipenuhi dengan rumput kering. Dimana titik api menyebar sangat cepat karena angin kencang. Beruntung sekali api ini berhasil dipadamkan oleh TNI-POLRI dan Polisi Hutan," pungkasnya. (OL-2)

 

 

 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Kejar Target 10 Ribu Swab Test

👤 Benny Bastiandy 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:50 WIB
Pemkab Cianjur akan meminta bantuan pengadaan alat tes usap ke Pemprov Jabar. Alat tes usap diperlukan untuk memenuhi target jumlah...
DOK MI

Pelayanan RSUD Cibabat Cimahi Kembali Dibuka

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:30 WIB
RSUD CIbabat Cimahi sempat ditutup selama tiga hari pascabelasan pegawai terkonfirmasi positif virus korona...
DOK MI

Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:16 WIB
Deklarasi damai belasan perguruan silat dilakukan untuk menjadi situasi di Sidoarjo akan tetap kondusof jelang digelarnya pemilihana kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya