Selasa 14 Juli 2020, 20:32 WIB

Vaksin Merah Putih Dikembangkan untuk Tangkal Covid-19

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Vaksin Merah Putih Dikembangkan untuk Tangkal Covid-19

AFP/Simon WohlFahrt
Sampel Covid-19

 

MENTERI Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman saat ini tengah fokus mengembangkan vaksin untuk mencegah covid-19 yang diberi nama vaksin merah putih.]

“Pengambangannya menggunakan pendekatan unit protein atau protein rekombinan,” kata Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (14/7).

Bambang menjelaskan, pada 10 Juli lalu, LBM Eijkman telah berhasil mengamplifikasi gen penyandi protein spike (S) dan dan Nucleocapsid (N) dari virus SARS-CoV-2 isolat Indonesia. Beberapa versi gen S juga telah berhasil diamplifikasi dan dikloning ke vector basic (pembawa).

Kultur dan perbanyakan virus SARS-CoV-2 isolat Indonesia juga sudah dilakukan dan akan disiapkan sebagai kontrol positif pada uji imunogenitas hewan coba.

Baca juga : Belum Ada Vaksin, Adaptasi Kebiasaan Baru Jadi Keniscayaan

Sedangkan proses yang saat ini tengah dilakukan LBM Eijkman dalam pengembangan vaksin yakni transfer gen S dari vector pembawa ke vector ekspresi galur sel mamalia. Sekuensing vector ekspresi untuk verifikasi sekuens. Transfeksi atau memasukkan vector ekspresi ke galur sel mamalia dan produksi protein rekombinan (S dan N) pada galur sel mamalia skala kecil.

“Setelah tahapan ini maka diharapkan akan bisa segera masuk ke uji hewan dan uji hewannya rencananya akan dilakukan di laboratorium Biosafety Level-3 LIPI,” tandasnya.

Bibit vaksin covid-19 ini ditargetkan dapat diserahkan kepada Bio Farma untuk dikembangkan lebih lanjut guna keperluan uji klinik pada Februari 2021 mendatang. (OL-7)

Baca Juga

Dok Yayasan Dharma Bakti Lestari

BLT Pegawai Harus Segera Disalurkan dan Tepat Sasaran

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 22:01 WIB
Rerie mengingatkan agar penyaluran bantuan-bantuan tersebut tepat sasaran agar upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional dapat...
DOK KEMENDIKBUD

Pemerintah Izinkan Pembelajaran Tatap Muka di Zona Kuning

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 21:42 WIB
Muhadjir mengingatkan dengan dibukanya pembelajaran tatap muka di sekolah di zona kuning, maka kewaspadaan dan kehati-hatian juga harus...
Dok Nusantics Biome Scan

Kenali Microbiome Salah Satu Sumber Masalah Kulit

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 21:08 WIB
Meskipun tidak terlihat, keberadaan mereka justru sangat menentukan kesehatan dan imunitas tubuh kita, tak terkecuali...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya