Selasa 14 Juli 2020, 14:16 WIB

Komisi III Diminta Awasi Polemik Djoko Tjandra

Anggitondi Martaon | Politik dan Hukum
Komisi III Diminta Awasi Polemik Djoko Tjandra

Ist
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

 

KOMISI III diminta mengawasi polemik buron kasus korupsi hak tagih Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra. Pelarian terpidana korupsi yang merugikan negara hingga Rp904 miliar itu harus diusut tuntas.

"Kita juga sudah meminta kepada Komisi III yang bermitra kepada penegak hukum untuk mendalami apa sih yang tetjadi terhadap Djoko Tjandra," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/7).

Baca juga: Kejagung Periksa Mantan Dirut BEI Terkait Kasus Jiwasraya

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu juga meminta aparat penegakkan hukum meningkatkan koordinasi. Sehingga, Djoko bisa diamankan secepat mungkin.

"Kita akan minta kepada aparat penegak hukum saling berkoordinasi," ungkap dia.

Selain itu, Anggota Komisi III itu tak mau berburuk sangka terkait tudingan keterlibatan aparat penegak hukum dalam pelarian Djoko. Sebab belum ada kejelasan atau perkembangan kasus penangkapan Djoko.

"Ini kita sampai pada saat ini belum tau pasti apa yang sesungguhnya terjadi terhadap Djoko Tjandra, kita tidak berburuk sangka," ujar dia.

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) disebut mendapat surat jalan dari sebuah instansi. Surat itu mempermudah Djoko melenggang di Indonesia.

"Pada pagi hari ini, kami mendapat foto sebuah surat jalan Djoko Tjandra dari oknum sebuah instansi," kata Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (13/7).

Baca Juga

MI/M.Irfan

Belajar dari Kasus Joker, Kejagung-Kemendagri Eratkan Sinergitas

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 22:10 WIB
Salah satu aspek dalam kerja sama tesebut ialah kerja sama terkait Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), data ependudukan, dan Kartu...
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Mendagri: Maksimalkan Database Dukcapil untuk Penegakan Hukum

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 21:44 WIB
Tito Kejagung yang berwenang dapat meningkatkan pemanfaatan database Dukcapil dalam mendukung penyidikan dan penyelidikan khususnya dalam...
Ilustrasi

Bupati Blora Dicecar Soal Uang 'Panas' dari PT DI

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:44 WIB
KPK menghadirkan Bupati Blora Djoko Nugroho sebagai saksi kasus dugaan korupsi penjualan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia (DI) pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya