Selasa 14 Juli 2020, 13:30 WIB

Stok Darah di Banjarmasin Kosong

Denny Susanto | Nusantara
Stok Darah di Banjarmasin Kosong

Antara/Makna Zaezar
Petugas menunjukkan kantong berisi darah pendonor saat kegiatan bakti sosial warga untuk membantu stok kantong darah PMI Banjarmasin

 

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin melaporkan kondisi stok darah yang mengalami kekosongan sejak beberapa waktu terakhir. Pandemi virus covid-19 berpengaruh pada berkurangnya jumlah pendonor darah di wilayah tersebut.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan, Selasa (14/7), mengungkapkan selama pandemi virus covid-19 terjadi kekosongan stok darah di Banjarmasin.

"Semua golongan darah kosong dan bisa dibilang krisis. Kondisi pandemi jumlah pendonor berkurang sementara jumlah permintaan meningkat," kata Aulia.

Baca juga: Polda NTB Belasungkawa atas Meninggalnya Penganiaya Ipda Uji

PMI Kota Banjarmasin telah berupaya menambah stok darah melalui berbagai kegiatan sosialisasi dan menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah, swasta dan TNI-Polri. "Saat pandemi seperti sekarang ini rata-rata per hari kita harus menyiapkan 100 kantong darah per hari," ujarnya.

Terkait kondisi kosongnya stok darah ini Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina telah menginstruksikan agar pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dapat membantu dengan berdonor darah. Diakuinya kondisi pandemi covid saat ini jumlah pendonor berkurang.

Setiap dinas atau SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin diharapkan dapat menjadwalkan kegiatan donor darah guna membantu menutupi kekosongan stok darah di Banjarmasin. (OL-14)

Baca Juga

dok polda jatim

Kapolda Mohon Restu Kyai Ponpes Tangguh Al Amien Prenduan Sumenep

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:30 WIB
Polda Jatim juga menggelar bakti sosial (baksos) di Pondok Pesantren Baitun Naim Jalan Kedung Pengkol V Nomor 1-5...
MI/Dwi Apriani

Bupati Ogan Ilir Sembuh dari Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:56 WIB
Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam dinyatakan sembuh dari covid-19 pada 27 Juli lalu. Ia sudah diperbolehkan pulang pada Rabu (5/8) dan kini...
Dok Ilustrasi

Banyak Potensi Pelanggaran Pilkada di Tengah Pandemi

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:50 WIB
Bawaslu Provinsi Bangka Belitung menengarai banyak potensi pelanggaran yang kemungkinan akan terjadi dalam Pilkada ini, seperti pemilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya