Selasa 14 Juli 2020, 13:32 WIB

Buwas: Indonesia Mampu Hadapi Ancaman Krisis Pangan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Buwas: Indonesia Mampu Hadapi Ancaman Krisis Pangan

MI/Supardji Rasban
Di Tengah Wabah Virus Copid-19 Buruh Tani Rame-rame Memanen Padi.

 

DIREKTUR Utama Perum Bulog Budi Waseso angkat suara terkait peringatan dari Organisasi Pangan Dunia (FAO) yang mengatakan bahwa ancaman krisis pangan terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia. Peringatan FAO tersebut dikarenakan adanya kemungkinan terjadi kekeringan yang akan melanda berbagai negara.

Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, menyebut dari lumbung pangan yang akan dibangun di wilayah Kalimantan dengan luas sekitar 160 ribu hektar, maka menurut hitung-hitungan Bulog lahan tersebut dapat memproduksi sekitar 4-5 ton beras.

Baca juga: Garuda Sebut 400 Karyawan Sukarela Ambil Pensiun Dini

"Karena sawah di sana sekarang juga sudah mulai produksi di Kalimantan Tengah sebagian yang 48.000 hektar itu sudah produksi normal. Yang sisanya ini akan digalakkan Menteri Pertanian. Artinya, produksi itu akan banyak belum di sawah-sawah produksi lain di daerah-daerah wilayah lain yang sekarang mulai tanam ini yang sudah mulai normal," ungkap Buwas dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (14/7).

Dengan data tersebut, Buwas yakin bahwa Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan di wilayah tersebut, dan menurutnya Kementerian Pertanian tidak perlu terlalu risau dengan ancaman krisis pangan.

"Karena itu juga tidak boleh mengabaikan. Tetapi prediksi kita dengan kondisi sekarang ini kita (Indonesia) masih akan memproduksi pangan yang cukup besar," sambungnya.

Mantan Kepala BNN ini menyebut, pihaknya akan berperan aktif dalam mempersiapkan pendistribusian pangan ke seluruh wilayah Indonesia. Buwas menyebut Bulog juga telah menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi.

"Kita sekarang ini juga masih menyimpan gabah. Jumlah gabah yang kita serap kita simpan relatif lebih lama nah itu akan menjadi cadangan kita bila mana ada terjadi krisis. Tetapi saya yakin lah dalam hitungan Menteri Pertanian dan BPS, prediksi kita cuaca di Indonesia tidak seekstrim di negara-negara lain," pungkas Buwas. (OL-6)

Baca Juga

MI/Ramdani

Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp5 juta Dapat Bantuan Rp2,4 Juta

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:45 WIB
Pemerintah sedang mengkaji pemberian bantuan gaji kepada 13 juta pekerja yang mendapatkan yang memiliki upah di bawah Rp5...
MI/Ramdani

Kini, Koperasi Bisa Dapat Dana Bergulir Hingga Rp100 M

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:55 WIB
Saat ini LPDB KUMKM sedang mereformasi diri agar lebih mudah diakses koperasi di...
MI/Ramdani

Survei BI Menunjukkan Optimisme Konsumen Meningkat

👤Raja Suhud 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:25 WIB
Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 86,2, meningkat dari 83,8 pada bulan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya