Selasa 14 Juli 2020, 10:54 WIB

Babel Terapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Terapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

MI/Rendy Ferdiansyah
Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa

 

PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) hanya menerapkan saksi sosial terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan korona virus disease (covid-19). Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa mengatakan saksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19 telah diterapkan pada bulan ini. 

"Untuk penerapan saksi sudah kita mulai, masyarakat kita ingatkan untuk tetap menggunakan masker jika keluar rumah. Jika melanggar akan ada sanksi," kata Mikron di Sekretariat GTPP Covid-19 Babel di Pangkalpinang, Selasa (14/7).

Ia mengaku sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan hanya sebatas sanksi sosial berupa bersih sampah dijalanan, diselokan dan sebagainya.

"Kalau di Babel tidak ada sanksi denda seperti provinsi lain, kita hanya menerapkan sanksi sosial saja seperti bersihkan sampah dan sebagainya," ujarnya.

baca juga: Pekan Ini Perwali Covid-19 Balikpapan Rampung Rudi Agung | Nusantara

Sanksi sosial ini, sebagai hukuman bagi mereka yang tidak patuh untuk meberikan efek jera agar masyarakat disiplin dan patuh.

"Mereka yang mendapatkan hukuman sosial akan malu karena harus memungut sampah di jalan, selokan dan menyapu. Warga yang melanggar kita wajibkan memakai rompi. Satpol PP dan satgas akan mengawasi pelanggar yang dihukum sanksi sosial," pungkas Mikron. (OL-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...
MI/Supardji Rasban

Kekeringan Petani Cabai Brebes Merugi

👤Sipardji Rasban 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:27 WIB
"Sekarang sekali panen cuma dapatnya dalam hitungan kilogram. Ya,paling banyak 10 kilogram sekali panen," ujar Kholidin yang...
MI/ BARY FATHAHILAH

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan Terdampak Covid-19

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:20 WIB
Pedagang pernak-pernik untuk perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang mulai menjamur di jalanan Palu, Sulawesi Tengah, mengaku sepi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya