Selasa 14 Juli 2020, 10:31 WIB

Beijing Buka Jalan Telusuri Asal Virus Korona

Faustinus Nua | Internasional
Beijing Buka Jalan Telusuri Asal Virus Korona

Medcom
Ilustrasi virus korona

 

TIONGKOK mengonfirmasi dua pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah berada di Beijing untuk bekerja sama dengan sejumlah pakar dalam upaya mengidentifikasi sumber pandemi virus korona (covid-19).

Dikutip South China Morning Post, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyampaikan pencarian itu merupakan dasar bagi penelitian selanjutnya. Penelusuran asal-usul virus harus melampaui satu negara.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan Tiongkok dan WHO telah mencapai konsensus mendasar bahwa penelusuran asal adalah masalah ilmiah yang harus dipelajari oleh para ilmuwan melalui penelitian internasional dan kerja sama di seluruh dunia.

Baca juga: WHO Tuding Banyak Negara Lakukan Kesalahan dalam Hadapi Covid-19

"Juga merupakan pandangan WHO bahwa penelusuran asal adalah proses yang sedang berlangsung yang mungkin menyangkut banyak negara dan daerah, dan WHO akan melakukan perjalanan serupa ke negara dan wilayah lain mengingat kebutuhan sebenarnya," katanya.

Pernyataan Tiongkok, Senin (13/7), merupakan pengakuan resmi pertama tentang kedatangan para pakar yang bermarkas di Jenewa.

Mereka terbang ke Beijing pada Jumat (10/7) lalu untuk membuka jalan bagi misi ilmiah internasional yang dipimpin WHO serta untuk mengungkap bagaimana virus menginfeksi manusia dari hewan.

Kedua ahli adalah seorang spesialis kesehatan hewan dan seorang ahli epidemiologi. Mereka akan bekerja dengan para pejabat dari Kementerian Sains dan Teknologi dan Komisi Kesehatan Nasional untuk menentukan ruang lingkup dan logistik. Nantinya, hal itu akan diikuti oleh tim internasional yang lebih besar.

Adapun, upaya ini dilakukan ketika infeksi global mencapai puncaknya

Setiap hari dilaporkan lebih dari 230 ribu kasus baru. Amerika Serikat, Brasil, India, dan Afrika Selatan menjadi negara yang paling terpukul akibat pandemi ini. (OL-1)

Baca Juga

AFP/ASHRAF SHAZLY

PBB: Banjir Pengaruhi Lebih dari 50.000 Orang di Sudan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:25 WIB
Lebih dari 50.000 orang terkena dampak banjir di seluruh Sudan selama sepekan terakhir, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa, Rabu...
AFP

10 Pelaut Filipina Ditemukan Selamat dari Ledakan di Beirut

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 10:59 WIB
Menurut pernyataan dari pemerintah Filipina, para pelaut tersebut mengalami luka ringan dan kini sedang dirawat perusahaan perkapalan...
AFP/OLIVIER DOULIERY

Facebook dan Twitter Hapus Postingan Trump

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 10:54 WIB
Facebook pada Rabu (5/8) menghapus postingan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, lantaran dinilai telah melanggar aturan perusahaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya