Selasa 14 Juli 2020, 08:25 WIB

PBB: 132 juta Orang Kelaparan Akibat Covid-19

Indrastuti | Internasional
PBB: 132 juta Orang Kelaparan Akibat Covid-19

AFP/MARCO LONGARI
Anak-anak terdampak pandemi covid-19 memakan bubur bantuan dari organisasi nirlaba di Johannesburg, Afrika Selatan, (23/5).

 

Sebanyak 132 juta orang di seluruh dunia akan mengalami kelaparan tahun ini karena dampak pandemi covid-19, demikian laporan PBB yang dirilis pada Senin (13/7).

"Pandemi covid-19 mempengaruhi sistem pangan global-semua kegiatan dan proses produki, distribusi serta konsumi pangan," tulis laporan  State of Food Security and Nutrition in the World seperti dilansir dari ansa.it

Baca juga: WHO Laporkan Peningkatan Kasus

"Meskipun masih terlalu dini untuk menilai dampak lockdown dan pembatasan lain, diperkirakan bahwa setidaknya, 83 juta orang, dan mungkin sebanyak 132 juta, mungkin kelaparan pada tahun 2020 sebagai akibat dari resesi ekonomi dipicu oleh covid-19. Kemunduran ini memperberat pencapaian Sustainable Development 2 (Zero Hunger)."

Laporan tersebut dirilis oleh tiga badan pangan PBB yang berbasis di Roma, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian (IFAD dan Program Pangan Dunia PBB (WFP), ditambah Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Dikatakan bahwa hampir 690 juta orang kelaparan di seluruh dunia pada 2019.    

Meskipun angka ini lebih rendah dari angka yang diberikan dalam laporan sebelumnya, PBB mengatakan penurunan itu karena belum adanya pembaruan data untuk Tiongkok dan negara-negara berpenduduk padat lainnya.

Ditekankan bahwa 'tidak ada perubahan dalam tren'.
   
'Merevisi seluruh laporan tentang kelaparan sejak tahun 2000 menghasilkan kesimpulan yang sama: setelah terus berkurang selama beberapa dekade, kelaparan kronis perlahan-lahan mulai meningkat pada tahun 2014 dan semakin bertambah tiap tahunnya'.

Diperkirakan bahwa tingkat kelaparan meningkat hingga 10 juta pada 2019 dari 2018, dan hampir 60 juta dalam lima tahun. (ANSA/H-3).

Baca Juga

AFP

Palang Merah Kirim Relawan Covid-19 dan Banjir ke Korea Utara

👤Faustinus Nua 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:41 WIB
International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau Palang Merah telah melatih lebih dari 43 ribu sukarelawan ke...
AFP/Pei Chen

Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:59 WIB
Azar berada di Taipei dalam lawatan selama tiga hari untuk membahas kesamaan demokrasi dan mempelajari kesuksesan Taiwan mengatasi...
AFP/ANTHONY WALLACE

Hartawan Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap Berdasarkan UU Keamanan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:40 WIB
Raja media Hong Kong Jimmy Lai, kritikus paling vokal terhadap Beijing ditangkap Senin, (10/8), di bawah undang-undang keamanan nasional...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya