Selasa 14 Juli 2020, 08:02 WIB

Imigrasi Klaim Djoko Tjandra tak Masuk Lewat Kuala Lumpur

Candra Yuri Nuaralam | Politik dan Hukum
Imigrasi Klaim Djoko Tjandra tak Masuk Lewat Kuala Lumpur

MI/M Soleh
Buronan kasus hak tagih Bank Bali Djoko S Tjandra (tengah)

 

DUGAAN Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) terkait kedatangan buronan kasus korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali Djoko Soegiarto Tjandra ke Indonesia melalui Kuala Lumpur disangkal pihak Imigrasi.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang mengklaim tak ada data kedatangan Djoko Soegiarto Tjandra melalui Kuala Lumpur, Malaysia.

"Atas nama Djoko Soegiarto Tjandra tidak ada dalam data perlintasan imigrasi (melalui Kuala Lumpur)," kata Arvin Gumilang, Selasa (14/7).

Arvin menjelaskan jika Djoko masuk melalui jalur legal pasti terdata. Data Djoko pasti diketahui pihak imigrasi melalui pengecekan paspor di perbatasan antarnegara.

Dia juga mengatakan data kedatangan Djoko Tjandra masuk ke Indonesia melalui Papua Nugini juga tak ada. Jalur kepulangan Djoko ke Tanah Air hingga kini masih menjadi misteri.

"Kalau Djoko Soegiarto Tjandra keluar masuk melalui tempat pemeriksaan imigrasi dan diperiksa oleh petugas imigrasi akan ada data perlintasannya," ujar Arvin.

Baca juga: Oknum Pejabat Diduga Bantu Djoko Tjandra

Sebelumnya, Koordinator MAKI Boyamin Saiman tak yakin Djoko masuk Indonesia dari Papua Nugini. Menurut dia, Djoko masuk melalui Pos Entikong, Kalimantan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Boyamin juga menyebut Djoko mendapat surat jalan dari sebuah instansi. Surat itu mempermudah Djoko melenggang di Indonesia.

"Pada pagi hari ini, kami mendapat foto sebuah surat jalan Djoko Tjandra dari oknum sebuah instansi," kata Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (13/7).

Dalam surat jalan tersebut, tertulis Djoko Soegiarto Tjandra sebagai konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan jadwal keberangkatan 19 Juni 2020 dan kembali 22 Juni 2020. Dia bepergian menggunakan pesawat.(OL-5)

Baca Juga

INSTAGRAM @DINIPURWONO

PP Pegawai KPK Jadi ASN tidak Kurangi Independensi KPK

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 10 Agustus 2020, 19:15 WIB
Peraturan pemerintah tersebut dimunculkan semata-mata untuk tujuan tertib administrasi...
Dok kejagung

Jaksa Agung Ingatkan Jaksa di Daerah Jaga Integritas

👤RO/Micom 🕔Senin 10 Agustus 2020, 19:00 WIB
Tidak ada lagi yang mengambil batang kayu sebatang, kalian pidanakan. Kalau kalian melakukan itu, kalian yang saya...
MI/Fransisco Carolio

Lusa, Polri Bakal Tetapkan Tersangka Baru Kasus Joko Tjandra

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:32 WIB
Penyidik juga akan memeriksa lima orang saksi baru dalam kasus surat jalan palsu...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya