Selasa 14 Juli 2020, 07:55 WIB

JPPI: Hari Pertama Sekolah Banyak Keluhan Siswa

Syarief Oebaidillah | Humaniora
JPPI: Hari Pertama Sekolah Banyak Keluhan Siswa

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Guru SD melaksanakan proses belajar mengajar melalui aplikasi media daring dirumahnya di Kelurahan Bubulak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/4).

 

Hari pertama sekolah Tahun Ajaran Baru 2020/2021 secara umum dinilai berjalan lancar namun ditemukan banyak keluhan siswa dan orang tua tentang jadwal sekolah dan materi pembelajaran.

"Pemantauan JPPI,  banyak laporan keluhan para siswa dan orang tua tentang jadwal sekolah yang mereka dapat, yaitu tidak ada perbedaan antara keadaan normal dan new normal. Selain itu, jam pelajaran dan materi yang dipelajari sama. Tidak ada perbedaan, padahal kan kebanyakan belajar dari rumah dengan pembelajaran jarak jauh atau PJJ," kata Koordinator Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin ( 13/7).

Baca juga: Hari Pertama Tahun Ajaran Baru di Sekolah dan Madrasah Lancar

Ubaid mengutarakan dalam PJJ target pembelajaran harus dibedakan dengan situasi normal. Pasalnya dalam pembelajaran normal targetnya bisa daily atau harian dengan belajar sejak pagi hingga sore.

"Kalau PJJ targetnya harus disesuaikan, misalnya mingguan atau bulanan. Cara belajarnya jika dengan daring tidak efektif jika sudah lebih dari 2 jam, "tegasnya.

Sebab itu, Ubaid menegaskan JPPI mengusulkan perlu adanya reformulasi kurikulum untuk diterapkan di saat new normal. "Supaya target-target pembelajaran bisa dijaga kualitasnya sehingga tidak sekadar formalitas belaka, " tegasnya.

Ubaid menambahkan JPPI juga menemukan dilapangan siswa yang tidak dapat ikut bergabung akibat kendala akses dan sarana internet.

"Ini terjadi yang melaksanakan model daring. Bermasalah karena tidak semua bisa ikut serta karena kuota internet tak terbeli, ataupun perangkat tidak mendukung.Mereka ada yang tidak punya handphone atau laptop untuk zoombinar, " pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Anggap Covid-19 Konspirasi, Aa Gym: Menzalimi Diri dan Orang Lain

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:25 WIB
Aa Gym berharap masyarakat menyadari bahwa ujian pandemi harus disikapi dengan serius, tidak dengan kebodohan, kekonyolan dan...
MI/FRANSICO CAROLIO HUTAMA GANI

Mamah Dedeh: Protokol Kesehatan Harus Dimulai Dari Diri Sendiri

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:20 WIB
Mamah Dedeh mengingatkan pada kelompok usia rentan covid-19, termasuk kelompok lansia agar menerapkan protokol...
DOK The Sultan Hotel & Residence Jakarta

The Sultan Hotel & Residence Hidupkan Kembali Sultan Pizzeria

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:08 WIB
Sultan Pizzeria terletak di area main tower, dekat dengan Kudus Hall dan infinity swimming...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya