Selasa 14 Juli 2020, 06:20 WIB

Pulihkan Ekosistem dengan Program Desa Peduli Gambut

(Aiw/H-3) | Humaniora
Pulihkan Ekosistem dengan Program Desa Peduli Gambut

Antara/Syifa Yulinnas
lahan gambut

 

EKOSISTEM gambut di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Papua telah mengalami kerusakan akibat pengalihfungsian lahan dan kebakaran. Badan Restorasi Gambut (BRG) membuat program Desa Peduli Gambut guna mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Deputi III BRG Myrna A Safi tri mengungkapkan, khusus di wilayah Papua, luas target restorasi gambut mencapai 39.239 hektare yang tersebar di empat kabupaten. Hingga Juni 2020, terdapat 12 desa peduli gambut di Papua yang telah didampingi sejak tiga tahun yang lalu.

"Tujuan penting dari program Desa Peduli Gambut ini adalah untuk memfasilitasi desa-desa agar mereka bisa meningkatkan status desanya" kata Myrna dalam acara Festival Kebudayaan Desa-Desa Nusantara, kemarin.

Kegiatan utama dari program ini, antara lain penempatan fasilitator Desa Peduli Gambut, pemetaan sosial, ekonomi, dan spasial, pemberdayaan ekonomi, serta resolusi konfl ik dan pemantauan restorasi gambut. "Bicara tentang Papua adalah bagaimana cara memulihkan gambut dan juga melindungi upaya-upaya untuk menjadikan kebudayaan lokal sebagai basis dari pembangunan perdesaan," imbuhnya. (Aiw/H-3)

Baca Juga

Antara/Irsan Mulyadi

Geopark Ijen Diusulkan Jadi Bagian Jaringan Dunia

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:53 WIB
Surat usulan pun telah dikirimkan ke Sekretariat International Geoscience and Geoparks Programme (IGGP) UNESCO di Paris,...
MI/Susanto

Satgas Covid-19: Rapid Test Tetap Dilakukan untuk Screening

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:40 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan penggunaan rapid test tetap harus dilakukan untuk...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Zona Merah Covid-19 Terus Berkurang, Tersisa 33 Wilayah

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:10 WIB
Jumlah tersebut sudah menurun dari pantauan pekan sebelumnya yang kala itu masih mencapai 44...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya