Selasa 14 Juli 2020, 05:55 WIB

Kejujuran Berbuah Pengangkatan

IhfaFirdausya/Putri Anisa Yuliani/X-11 | Humaniora
Kejujuran Berbuah Pengangkatan

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Wadirut Bank Mandiri Hery Gunardi (kedua kiri) bersama Presdir AXA Mandiri Financial Services Handojo G Kusuma (kiri) menyerahkan apresiasi

 

TINDAKAN terpuji dilakukan dua petugas PT Kereta Api Indonesia (persero) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Mereka ialah Egi
Sandi Saputra, 24, selaku petugas pengawalan kereta dan Mujenih, 34, petugas kebersihan kereta.

Senin (6/7) lalu, mereka mengembalikan uang tunai Rp500 juta yang ditemukan di dalam plastik hitam di bawah bangku gerbong kereta KRL Commuter Jakarta-Bogor.

Egi ialah orang yang pertama menemukannya. Bersama Mujenih, ia lalu memastikan isi kantong plastik. Mereka lalu menyerahkan barang tersebut kepada petugas passenger service di Stasiun Bogor untuk kemudian diinput ke dalam lost and found system.

Saat acara pemberian penghargaan, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengapresiasi tindakan tersebut. “Egi merupakan pegawai outsourcing yang mengawal kereta. Dia pekerja keras, rajin, dan jujur. Saat ini dia tinggal bersama ibunya dan menjadi tulang punggung keluarga,” kata Didiek seperti dikutip dari video dokumentasi Kementerian BUMN, kemarin.

“Mujenih juga pegawai outsourcing. Pekerja keras, rajin, serta jujur. Saat ini dia tinggal bersama orangtua, bertugas di petak Stasiun Bojonggede sampai Bogor,” lanjutnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan tindakan Egi dan Mujenih didasari akhlak.

“Saya rasa ini poin sangat bagus. Kebetulan kami di BUMN juga punya prinsip bahwa akhlak harus menjadi landasan utama. Saya harapkan ini bisa menjadi inspirasi buat kita semua, terutama para pimpinan,” ungkap Erick.

Apresiasi

Atas keteladanan itu, Egi dan Mujenih mendapat apresiasi dari beberapa perusahaan BUMN. Selain telepon seluler dan paket data setahun dari Telkomsel, keduanya mendapat nilai premi Rp50 juta ditambah manfaat rawat inap dengan proteksi jiwa Rp100 juta dari Bank BNI.

Bank BRI memberi dana investasi sejahtera dengan premi Rp50 juta dan nilai pertanggungan Rp500 juta. Adapun Bank Mandiri memberi asuransi dengan uang pertanggungan Rp500 juta. Terakhir, PT KAI menyerahkan SK pengangkatan sebagai karyawan tetap PT KCI bagi kedua karyawan tersebut.

“Terima kasih kepada Pak Menteri dan para pejabat BUMN atas penghargaan ini. Saya tidak menyangka. Apa yang saya lakukan hanya mengikuti prosedur kerja, ternyata mendapat apresiasi sebesar ini,” ungkap Egi.

Mujenih juga merasa bersyukur. “Keluarga saya pasti senang sekali dan bangga,” ujarnya. (Ihfa Firdausya/Putri Anisa Yuliani/X-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Anggaran Bertambah, Mensos Minta Penyerapan Selesai November 2020

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 08:45 WIB
Per tanggal 13 Agustus 2020, dengan anggaran Rp134,008 triliun realisasi anggaran Kemensos mencapai Rp75,583 triliun...
Ist

PTI Beri Pelatihan Wirausaha Kuliner kepada Sahabat Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:58 WIB
Berkolaborasi dengan  sekolah Highscope Bintaro, pelatihan ini diadakan antara lain untuk menjadi bagian dalam mengatasi kondisi...
Dok Kemendikbud

Bersama Hadapi Korona, Bersama Bangkitkan Bangsa

👤S2-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:21 WIB
Meski dalam kondisi situasi pandemi, visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya