Selasa 14 Juli 2020, 05:20 WIB

AS Sebut Klaim Tiongkok di Laut China Selatan Ilegal

Basuki Eka Purnama, Haufan Hasyim Salengke, Faustinus Nua | Internasional
AS Sebut Klaim Tiongkok di Laut China Selatan Ilegal

AFP/TOM BRENNER
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo

 

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, Senin (13/7), menegaskan 'Negeri Paman Sam' akan memandang semua klaim sumber daya yang dilakukan Tiongkok di Laut China Selatan sebagai langkah ideal, Pernyataan Pompeo itu merupakan dukungan bagi negara-negara Asia Tenggara.

Itu merupakan pernyataan keras terbaru pemerintahan Presiden Donald Trump terhadap Tiongkok yang semakin dijadikannya musuh menjelang pemilu AS, November mendatang.

"Kami menegaskan, klaim Beijing terhadap sumber daya lepas pantai di Laut China Selatan adalah ilegal karena merekan melakukan aksi perundungan untuk mendapatkannya," tegas Pompeo.

"Dunia tidak akan mengizinkan Beijing menjadikan Laut China Selatan sebagai bagian kerajaan maritim mereka," lanjutnya.

Baca juga: Pandemi Memburuk di Wilayah Florida

AS telah lama menentang klaim Beijing terhadap kawasan Laut China Selatan yang diketahui memiliki kandungan minyak dan gas serta merupakan jalur perekonomian dunia.

Pompeo kemudian menambahkan bahwa AS mendukung sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Vietnam dan Filipina, setelah sebelumnya AS memilih netral dalam konflik di kawasan itu.

"AS mendukung sekutu kami di Asia Tenggara dalam melindungi kedaulatan mereka di kawasan lepas pantai serta menjaga hak dan kewajiban mereka di bawah hukum internasional," kata Pompeo.

"Kami mendukung komunitas internasional dalam membela kebebasan di laut dan menghormati kedaulatan dan menolak segala bentuk pemaksaan di Laut China Selatan atau wilayah lain," imbuhnya.

"Tiongkok, awal bulan ini, membela diri dari kritik AS yterkait penggunaan kekuatan militer di Laut China Selatan. Beijing mengklaim aktivitas mereka selaras dengan mempertahankan kedaulatan wilayah Tiongkok. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/William West

Kasus Covid-19 Tembus 18 Juta, WHO :Dampaknya Berlangsung Lama

👤Fautinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:53 WIB
Klaster baru pun telah dilaporkan di negara-negara yang sebelumnya mampu mengendalikan wabah...
AFP

Trump Larang TikTok karena Terhubung ke Partai Komunis Tiongkok

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:27 WIB
Komentarnya Trump ini muncul setelah Trump mengatakan dia melarang TikTok di AS. Ia mengatakan aplikasi video populer TikTok ini akan...
AFP/Sven Hoppe

Usai Jenguk Saudara, Paus Benediktus XVI Sakit Parah

👤Faustinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:25 WIB
Saat ini, Paus Benediktus XVI dilaporkan dalam kondisi sangat lemah. Dia menderita eritelas pada wajah yang menyebabkan ruam wajah dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya