Selasa 14 Juli 2020, 00:49 WIB

Sumut Waspadai Lonjakan Kasus Positif Covid-19 dari OTG

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut Waspadai Lonjakan Kasus Positif Covid-19 dari OTG

DOK MI
Ilustrasi

 

TREN kasus positif Covid-19 di Sumatra Utara dininlai mulai bergeaser ke Orang Tanpa Gejala (OTG) setelah ditemukan semakin banyaknya pasien dengan gejala minimal. Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Whiko Irwan mengatakan pihaknya banyak menemukan kasus positif dengan gejala yang minimal.

"Bahkan tidak ada indikasi untuk diperlukan dirawat di rumah sakit," ujarnya, Senin (13/7).

Dia menjelaskan, hingga kini setidaknya ada 13.731 specimen yang sudah diperiksa, yang mana dari jumlah itu terbanyak berasal dari Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Simalungun, dan Kota Pematangsiantar. Dari pemeriksaan tersebut kemudian ditemukan kasus-kasus positif dengan gejala yang minimal. Oleh  Gugus Tugas menyarankan kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri.

Ia pun kembali mengimbau masyarakat untuk mengurangi intensitas aktivitas sosial karena semakin banyak orang tanpa gangguan, tanpa keluhan tetapi ternyata membawa virus. "Untuk itu jangan ke luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak," ujarnya.

Jika harus melakukan kegiatan secepat mungkin di luar rumah dengan tetap menggunakan masker serta tidak berkumpul atau berkerumun untuk hal-hal yang tidak perlu dan mengandung risiko tertular penyakit. "Jangan naik kendaraan umum yang penuh sesak, jangan lepas masker yang telah digunakan, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dan ganti dengan masker yang baru," paparnya.

Di sisi lain, hingga Senin (13/7), jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Sumut yakni pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 284 orang, positif berjumlah 2.367 orang, meninggal 126 orang, dan sembuh sebanyak 577 orang. (R-1)

Baca Juga

dok polda jatim

Kapolda Mohon Restu Kyai Ponpes Tangguh Al Amien Prenduan Sumenep

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:30 WIB
Polda Jatim juga menggelar bakti sosial (baksos) di Pondok Pesantren Baitun Naim Jalan Kedung Pengkol V Nomor 1-5...
MI/Dwi Apriani

Bupati Ogan Ilir Sembuh dari Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:56 WIB
Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam dinyatakan sembuh dari covid-19 pada 27 Juli lalu. Ia sudah diperbolehkan pulang pada Rabu (5/8) dan kini...
Dok Ilustrasi

Banyak Potensi Pelanggaran Pilkada di Tengah Pandemi

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:50 WIB
Bawaslu Provinsi Bangka Belitung menengarai banyak potensi pelanggaran yang kemungkinan akan terjadi dalam Pilkada ini, seperti pemilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya