Selasa 14 Juli 2020, 01:45 WIB

Paus Fransiskus Sedih Hagia Sophia kembali Jadi Masjid

Paus Fransiskus Sedih Hagia Sophia kembali Jadi Masjid

AFP
Paus Fransiskus

 

PAUS Fransiskus mengatakan dirinya sangat tertekan setelah mengetahui bangunan bersejarah di Turki, Hagia Sophia, diubah kembali menjadi masjid. 

Pimpinan Gereja Katolik Roma itu merasa sedih dengan keputusan tersebut. “Pikiranku pergi ke Istanbul. Saya sedang memikirkan Hagia Sophia. Saya sangat tertekan,” kata Paus dalam reaksi pertama Vatikan terhadap keputusan yang menuai kritik internasional.

Dikutip The Guardian, pada Sabtu (11/7), surat kabar Vatikan L’Osservatore Romano melaporkan reaksi dari berbagai negara terhadap keputusan itu. Tak ada komentar apa pun yang ditambahkan. Reaksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan dunia internasional terhadap putusan mengubah monumen era Bizantium itu.

Sebagai magnet bagi wisatawan di seluruh dunia, Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai katedral pada kekaisaran Bizantium Kristen. Namun, diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada 1453.

Dewan Gereja Sedunia atau WCC menulis kepada Erdogan yang mengungkapkan kesedihan dan kegelisahan atas langkah tersebut, serta mendesak untuk membalikkan keputusannya. 

“Sebagai museum warisan dunia, Hagia Sophia telah menjadi tempat keterbukaan, pertemuan, dan inspirasi bagi orang-orang dari semua bangsa,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Sedunia (WCC) yang dirilis pada Sabtu (11/7).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak kecaman internasional atas keputusan mengubah status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid. Ia mengatakan keputusan itu mewakili keinginan negaranya untuk menggunakan hak kedaulatannya.

“Mereka yang tidak mengambil langkah melawan islamofobia di negara mereka sendiri... menyerang keinginan Turki untuk menggunakan hak-hak kedaulatannya,” kata Erdogan pada upacara yang ia hadiri melalui konferensi video, Sabtu (11/7), dilansir Aljazeera, kemarin.(TheGuardian/Aljazeera/Van/Ins/I-1)

Baca Juga

AFP/OLIVIER DOULIERY

Demi Amerika, Microsoft Corp Nyatakan Keinginan Akuisisi TikTok

👤Antara 🕔Senin 03 Agustus 2020, 19:30 WIB
CEO Microsoft Satya Nadella berbicara dengan Presiden AS Donald Trump tentang isu...
AFP/William West

Kasus Covid-19 Tembus 18 Juta, WHO :Dampaknya Berlangsung Lama

👤Fautinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:53 WIB
Klaster baru pun telah dilaporkan di negara-negara yang sebelumnya mampu mengendalikan wabah...
AFP

Trump Larang TikTok karena Terhubung ke Partai Komunis Tiongkok

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:27 WIB
Komentarnya Trump ini muncul setelah Trump mengatakan dia melarang TikTok di AS. Ia mengatakan aplikasi video populer TikTok ini akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya